poskomalut.com
baner header

Panita Ternate Book Festival 2020 Gelar Sayembara Sastra Lisan Ternate dan Kelas Pengenalan Essay di TB

TERNATE-PM.com, Ternate Book Festival 2020 menggelar sayembara sastra lisan lisan Ternate dan kelas pengenalan Essay yang menghadirkan penulis ternama Muhidin Dahlan sebagai pemateri. Kegiatan ini menjadi rangkaian untuk menyukseskan pameran buku terbesar pertama di Maluku Utara yang digelar mulai 10 – 17 Februari 2020.

Ketua Bidang Acara, Ternate Book Festival 2020 Wawan Iliyas menjelaskan, sayembara sastra lisan Ternate sengaja dibuat untuk melihat sejauh mana khazanah dan sastra lisan Ternate ini diminati dan dipelajari saat ini. “Jadi sayembara ini dibuka umum untuk semua kalangan. Kami berharap para peserta nanti bisa meyodorkan sastra lisan yang belum pernah dibukukan. Kalaupun sudah dibukukan, peserta dharapkan bisa menjelaskan makna dan konteks dari sastra lisan yang disetor kepanitia sejauh yang dipahami peserta,” kata Wawan.

Adapun ketentuan umum bagi peserta yang mengikuti sayembara, yakni Pertama, Naskah yang diserahkan tidak sedang diiukutkan dalam lomba lain dan belum pernah dipublikasikan sebelumnya. Naskah merupakan karya asli, bukan jiplakan atau saduran.

Selain itu, ketentuan khususnya, setiap naskah disertakan dengan arti serta makna kontekstual. Peserta juga diminta membuat kategori atau jenis sastra lisan dalam setiap naskah yang dikirim seperti (Dola bololo, Dalil Tifa, Dalil Moro, Rorosa dst). Peserta wajib menyertakan sumber sastra lisan (sumber penutur).

Wawan mengatakan, deadlilne sastra lisan ini dijadwalkan pada 5 Februari 2020, atau lima hari sebelum pelaksanaan Ternate Book Festival Dimulai.
Untuk tiga peserta terbaik, tambah Wawan, panitia menyiapkan uang pembinaan dengan total Rp 2.250.000, atau Juara I Rp 1.000.000, Juara II Rp. 750.000, dan Juara III Rp. 500.000.

Sementara untuk kelas pengenalan Essay, batas waktu pendaftaran peserta juga dijadwalkan pada 5 Februari. Wawan menuturkan, kelas pengenalan essay diselenggarakan secara terbatas untuk 25 orang peserta. “Uang pendaftaran Rp 150.000. Peserta juga dapat buku yang ditulis oleh pemateri yang berjudul Inilah Essay,” ucapnya.

Selain dua item ini, ada juga lomba foto candid dan selfi di lokasi digelarnya Ternate Book Festival 2020. “Untuk lomba foto kita umumkan dalam waktu dekat lewat Instagram,”ucapnya. (nox/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: