Panwascam Ternate Utara Perkuat Kapasitas Pengawasan Kelurahan

Pose bersama peserta Rakernis pengawasan pungut hitung dengan Ketua Panwascam Ternate Utara Putri Nurdiana Jailan beserta Akademisi Fakultas Hukum Abdul Kadir Bubu.(foto:ist)

TERNATE-PM.com, Dalam rangka memasuki hari pemungutan dan penghitungan suara Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Ternate pada 9 Desember 2020. Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) Kota Ternate Utara menggelar Rapat Kerja Teknis (Rakernis) kepada Pengawas Kelurahan se-Kecamatan Kota Ternate Utara, di Dapur SoRasa, Rabu (2/12/2020).

Ketua Panwascam Kota Ternate Utara Putri Nurdiana Jailan saat ditemui wartawan menjelaskan, tujuan Rakernis pungut hitung bertujuan untuk meningkatkan kapasitas Panwas Kelurahan untuk mempersiapkan diri menghadapi tahapan pemungutan dan penghitungan suara serta rekapitulasi suara pada Pilwako yang tersisa beberapa hari lagi.

“Beberapa materi yang dibahas terkait dengan potensi-potensi pelanggaran atau permasalahan yang biasanya terjadi menjelang hari H, kemudian potensi penyalahgunaan penyebaran form C6 Pemberitahuan, dan masalah-masalah lainnya yang kemungkinan terjadi dalam TPS dan bagaimana cara menyelesaikannya,”jelasnya.

Putri mengatakan, Rakernis Pungut Hitung untuk Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) akan dilaksanakan besok, Kamis (3/12/2020) dengan menghadirkan Narasumber dari Anggota KPU Kota Ternate Divisi Data dan Informasi Jainudin Ali dan Bawaslu Provinsi serta Pimpinan Bawaslu Kota Ternate.

“Besok kegiatannya di Hotel Grand Majang, dari pagi sampai sore, dengan menghadirkan pemateri yang berkompeten juga menggunakan simulasi untuk memperkuat pengetahuan jajaran Panwascam di tingkat bawah, Pengawas Kelurahan dan PTPS khususnya,” katanya.

Hal yang sama juga dikatakan Koordinator Divisi Pengawasan, Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga (PHL) Revelyno M. Hitiahubessy. Ia berharap, dengan Rakernis ini Panwas Kelurahan bisa memperkirakan kendala apa saja yang akan terjadi pada proses tersebut dan bisa memberikan solusi pada saat pungut hitung di TPS nanti.

“Kami berharap hasil dari Rakernis ini menambah wawasan Panwas Kelurahan untuk meningkatkan kualitas pengawas TPS sehingga Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Ternate berjalan secara bermartabat, tertib, lancar dan damai,” katanya.

Dalam kegiatan Rakernis itu dihadiri oleh Ketua Bawaslu Kota Ternate yang mewakili Kordiv Hukum dan Penanganan Pelanggaran (HPP) Sulfi Majid, memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan Rakernis. Kemudian dihadiri juga oleh Akademisi Fakultas Hukum Unkhair Ternate Abdul Kadir Bubu, yang juga sebagai penggiat pemilu (Mantan Anggota KPU Kota Ternate dan Ketua Panwaslu Kota Ternate) dan Kepala Sekretariat Panwascam Kota Ternate Utara Jamila Nurlette, serta staf Sekretariat Panwascam Kota Ternate Utara.

Disisi lain Akademisi Fakultas Hukum Unkhair Ternate Abdul Kadir Bubu mengatakan, untuk Pengawas Kelurahan dan Pengawas TPS harus mewaspadai pengawasan di hari pengumutan suara nanti di Kota Ternate, agar bisa menciptakan Pemilu yang berkualitas. Sehingga itu pengawasnya harus dibekali dengan baik agar mengerti dengan keadaan yang saat ini.

"Keadaan saat ini seperti masih dalam suasana Covid-19 dan protokol yang sangat ketat, sehingga harus dijelaskan baik hak penyelenggara untuk melakukan pengawasan dan hak masyarakat untuk mengunakan hak pilih,"ungkapnya.

Lanjutnya, Pemilu kali ini memang sangat berbeda dengan Pemilu tahun-tahun sebelumnya. Karena ada masyarakat yang datang memilih sesuai ketentuan UUD, tetapi ada juga dihari yang sama harus menjaga diri agar sehat.

"Saat itu juga hak pilih dan hak untuk kehidupan yang sehat berjalan bersama, sehingga di kesempatan kali ini saya menjelaskan dalam kegiatan tersebut ada dua hak agar bisa dimengerti untuk bisa bagimana pemilihan bisa berjalan tertib sesuai protokol Covid-19 dan orang yang memilih bisa menitribusikan hak dengan baik,"pungkasnya. (Sam/red)

Komentar

Loading...