poskomalut.com
baner header

Penyusunan Tatib DPRD Kota Ternate Tara Jelas

TERNATE-PM, Sejak pengucapan sumpah janji menjadi anggota DPRD periode 2019-2024 16 September 2019 lalu, DPRD Kota Ternate hingga kini belum merubah tata tertib (Tatib) DPRD.

Perubahan tatib DPRD ini mengalami beberapa kendala,  karena berbenturan dengan beberapa regulasi baru, diantaranya perubahan UU MD3 yang saat ini lebih fokus pada pengaturan mengenai MPR RI, DPRD RI dan DPD RI.

Padahal, fungsi tatib untuk melakukan fungsi pengawasan terhadap kebijakan yang dihasilkan oleh pemerintah dan kepastian harmonisasian regulasi ditingkat peraturan pemerintah berjalan dengan baik.

Pantauan Posko Malut sejak 2019 DPRD Kota Ternate telah beberapa kali melakukan kunjungan luar daerah untuk konsultasi tatib, tetapi awal 2020 ini  penyusunan Tatib itu belum dapat dijalankan. Konsultasi yang dilakukan itu  terkait persoalan pengangkatan, pengususlan pemberhentian pengangkatan kepala daerah.

Akhir Desember 2019 lalu, Ketua DPRD Kota Ternate, Muhajirin Bailusy mengaku Januari 2020 pihaknya menjadwalkan penetapan tatib. Ia mengakui selama ini DPRD masih menggunakan Tatib lama, karena tatib yang baru belum ditetapkan.

“Kita masih menggunakan tatib lama ungkapnya di tatib baru ini, ada pasal-pasal yang diperbaharui diantaranya mengatur tentang mekanisem pergantian kepala daerah apabila ada kekosongan jabatan kepala daerah,” ungkapnya.

“Kalau tidak diatur nanti sama dengan di Halmahera Timur (Haltim), mereka kan tidak tahu tata cara pemilihannya seperti apa, akhirnya molor, itu bukan soal tarik menarik, atau suka tidak suka, karena tidak diatur di Tata Tertib,” ungkapnya.

Selain Haltim, Halmahera Selatan (Halsel) juga pernah mengalami kejadian itu seperti itu. Ketika Muhammad Kasuba menjabat sebagai Bupati, terjadi kekosongan jabatan di kursi Wakil Bupati. Akhirnya yang bersangkutan memimpin sampai selesai tanpa ada wakilnya.

Sementara Wakil Ketua II DPRD Kota Ternate, H. Djadid Ali ketika dikonfirmasi menyebut,  tatib baru DPRD telah rampung dibahas dan sudah diserahkan kepada tim penyusun tatib. (beb/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: