poskomalut.com
baner header

Perdana, KPI UMMU Ternate Gelar Pelatihan Jurnalistik

TERNATE-PM.com Universitas Muhammadiyah Maluku Utara (UMMU) Ternate, melalui Fakultas Agama Islam, Program Studi (Prodi) Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) pada Rabu, (26/02/2020) menggelar kegiatan Kuliah Umum ‘Pelatihan Jurnalistik’ yang dilaksanakan di lantai satu, Aula Masjid Kampus UMMU Ternate.
Pelatihan Jurnalistik yang digelar dihadiri juga oleh Wakil Rektor III, Dekan Fakultas Agama Islam, Kaprodi KPI dan Pimpinan Redaksi Posko Malut serta Indotimur.com sebagai pemateri dalam pelatihan tersebut.
Selaku ketua panitia, Fitrah Muhamad Amin, kepada poskomalut.com mengatakan, pelatihan yang digelar merupakan salah satu kegiatan yang juga berkaitan dengan jurusan Komunikasi Penyiaran Islam itu sendiri. “Meninjau dari hal itu, kegiatan yang digelar agar ke depan nanti kami juga bisa berdakwa dengan cara menulis melalui Media Cetak maupun Online kepada masyarakat,” ungkapnya.
Kegiatan yang diselenggarakan selama satu hari ini, dibuat dengan anggaran sebesar Rp. 4.200.20.000, 00 yang berhasil didapatkan dari penjualan bazar oleh panitia serta partisipasi dari HMPS dan diikuti oleh seluruh mahasiswa Prodi KPI. Fitrah berharap, dengan dilaksanakan pelatihan Jurnalistik, para mahasiswa bisa meningkatkan keahlian menulis di bidang Jurnalistik baik di media Cetak maupun Online. “Semoga mahasiswa yang mengikuti bisa meningkatkan Soft Skill di bidang Jurnalistik,” harapnya.
Sementara itu, Kaprodi KPI, Julkifli Saleh kepada poskomalut.com mengatakan, Pelatihan yang bertajuk Kuliah Umum Jurnalistik merupakan kegiatan perdana yang telah dilakukan oleh Mahasiswanya dengan tujuan agar Mahasiswa bisa lebih mengenal tentang dunia Jurnalistik. “Tujuannya itu minimal mereka bisa menulis berita, minimalnya 5 W + 1 H , karena tidak semua informasi memiliki nilai berita,” ujarnya.
Julkifli juga berharap, dengan dilaksanakan kegiatan ini Mahasiswa bisa mengembangkan apa yang sudah didapatkan dalam pelatihan tersebut melalui magang yang nantinya akan dilaksanakan Prodi KPI setelah dilakukan penandatanganan MoU bersama Media Cetak Maupun Online sebelum berlangsungnya pelatihan tersebut. “Dengan adanya MoU ini mahasiswa akan melakukan kunjungan ke Media tersebut, selain kunjungan saya harap mereka juga bisa magang di sana. Sehingga mereka tidak saja belajar teori melainkan praktek juga,” harapnya.
Kegiatan Pelatihan Jurnalistik direncanakan akan diselenggarakan lagi pada tahun ini dengan pemateri yang berasal dari Media Elektronik seperti Tv dan Radio dengan tujuan untuk memperkenalkan kepada mahasiswa KPI tentang media Elektronik. “Ini juga merupakan bidang dari KPI, Jadi kegiatan ini akan terus berlangsung dan tidak berhenti sampai di sini saja,” tutupnya. (OP-red).

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: