poskomalut.com
baner header

Portal Tertutup Secara Otomatis, Peserta Tes CPNS Diimbau Datang Tepat Waktu

TERNATE-PM.com ,Tahapan awal pelaksanaan tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan menggunakan Sistem ComputerAssistedTest (CAT) dihari pertama, yang dilaksanakan pada Senin, (27/01/2020) dipusatkan di kantor BKN Ternate, kelurahan Jati Metro. Tercatat sebanyak 41 peserta yang tidak hadir dari jumlah keseluruhan 250 peserta. Tidak hadirannya peserta dihari pertama belum diketahui alasan pasti namun dugaan kuat dilakukan secara sengaja.

Dari data yang diterima poskomalut.com, Sesi pertama yang tidak hadir sebanyak 10 peserta dan salah satunya dinyatakan terlambat, sedangkan 9 orang lainnya tanpa keterangan. Sedangkan pada sesi ke dua,  sebanyak  11 peserta, Sesi ke tiga ada 4 peserta. Sesi ke empat  11 peserta, dan sesi ke lima terdapat 5 peserta.

Kepada poskomalut.com, Kepala BKPSDMD Kota Ternate, Junus Yau mengatakan, peserta yang tidak hadir dilakukan secara sengaja untuk tidak masuk dihari pertama. Menurutnya, berdasarkan norma dan ketentuan yang berlaku, bersangkutan sudah harus hadir 60 menit sebelum pelaksanaan tes berlangsung.

Hal tersebut harus dilakukan mengingat setiap sesi sudah dijadwalkan Badan Kepegawaian Negara (BKN) pusat.

“Jadi lima menit sebelum mulai secara sistematis portalnya sudah terkunci dan kita tidak bisa bantu lagi. Ada beberapa orang yang datang terlambat dan sudah tidak bisa masuk ikut tes lagi karena portalnya sudah tertutup secara otomatis, padahal pesertanya cuman terlambat lima menit saja”, ujarnya.

Junus Yau mengimbau kepada seluruh peserta yang akan melaksanakan tes CPNS di hari ke dua dan seterusnya agar datang lebih awal dan tepat waktu. Selain tepat waktu, peserta juga diimbau untuk menggunakan pakaian berdasarkan ketentuan yang sudah ditetapkan.

“Kalau memang serius untuk ikut pelaksanaan tes di Kota Ternate agar datang lebih awal karena kita normatif. Tadi juga ada beberapa orang yang datang menggunakan celana jens terpaksa harus dikeluarkan dari dalam ruangan oleh pegawai BKN, karena ketentuan yang berlaku itu pakai celana kain berwarna hitam”,  tegasnya.

Proses pelaksanaan tes seleksi CPNS akan dilaksanakan mulai dari pukul 08:00 sampai 18:00 WIT. Setiap sesi peserta yang akan mengikuti tes sebanyak 50 orang berdasarkan PC yang disediakan. Pelaksanaan juga akan diselenggarakan selama 12 hari mengingat peserta yang mendaftar setelah divalidasi dan verifikasi sebanyak 2.804 orang yang akan mengikuti tes dan akan dibagi dalam lima sesi per hari selama 12 hari ke depan.

“Kita mulai dari pukul 08:00 sampai 18:00 WIT, PC yang disediakan oleh BKN sebanyak 50 unit, jadi satu hari kita laksanakan tes sebanyak lima sesi dengan jumlah peserta sebanyak 50 orang”, tutupnya. (OP-red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: