Rencana “Gedung Putih” Dijadikan Museum, DPRD Kota Ternate Masih Tunggu Surat Dari Pemkot

Gedung Putih Kalumata (Rumah Dinas Wali Kota Ternate), rencana dialihfungsikan jadi museum oleh Pemkot Ternate.

TERNATE-PM.com, Rencana pengalihan rumah Dinas Wali Kota Ternate yang berada di Kelurahan Kalumata, Kecamatan Ternate Selatan, atau yang dikenal masyarakat Ternate dengan sebutan Gedung Putih untuk menjadi museum nampaknya masih menunggu surat pemberitahuan dari wali kota ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Ternate.

Saat ditemui poskomalut.com di halaman Gedung DPRD Kota Ternate, Ketua Dewan, Muhajirin Bailussy mengatakan, perencanaan pengalihan rumah Dinas Wali Kota menjadi Museum merupakan rencana yang telah dibuat Pemerintah kota. Rencana pengalihan tersebut hingga saat ini DPRD masih menunggu surat pemberitahuan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate sendiri.

"Dialihkan menjadi museum, iya rencana pemerintah kota. Tapi kan itu pengalihan aset dulu, pemanfaatannya dari rumah dinas ke pengalihan fungsinya, pengalihan ke museum itu yang belum kita dapatkan surat pemberitahuan dari Pemkot," ungkapnya.

Muhajirin menambahkan, sebelum dialihkan fungsinya menjadi museum, pemerintah kota juga harus menyampaikan informasi tersebut kepada DPRD agar diketahui oleh seluruh anggota Dewan yang ada. Menurutnya, pengalihan fungsi tersebut bisa saja dilakukan menjadi sebuah Museum asalkan tidak membebankan anggaran yang ada agar tidak menjadi sebuah perdebatan.

"Kalau bisa mau dialihkan fungsinya, disampaikan biar teman-teman di DPRD juga tau. Kalau mau diteruskan maka silahkan, tetapi kalau dianggap membebankan anggaran maka saya kira itu di alihkan saja biar tidak ada perdebatan," terangnya.

Informasi perencanaan pengalihan rumah dinas wali kota menjadi sebuah museum secara informal sudah diketahui oleh DPRD sendiri, akan tetapi secara formal pihak DPRD belum mendapatkan surat tersebut dari Pemkot secara resmi.

"Secara informal, beberapa waktu lalu wali kota mau mengalihkan fungsinya dari rumah dinas ke museum, akan tetapi secara formal (tertulis) ke DPRD belum menerima, jadi kasih dulu biar kami tau," tutupnya. (OP-red)

Komentar

Loading...