poskomalut.com
baner header

Ribuan Aset Pemkot Ternate Belum Tersertifikasi

TERNATE-PM.com,  Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Disperkim) Kota Ternate, Nuryadin Rahman menyebutkan, ada ribuan asset tidak bergerak milik Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate hingga kini belum tersertifikasi.

“Ada 1.600 aset tidak bergerak milik Pemkot Ternate hingga kini belum bersertifikat,” ungkap Nuryadin pada Posko Malut, Selasa (14/01/2020).

Untuk itu, Nuryadin bakal melakukan pendataan dan sertifikasi 1.600 aset Pemkot Ternate ini. Saat ini, lanjut Nuryadin, pihaknya telah menerjunkan tim, guna melakukan pendataan terhadap HGB Jatiland Mall dan aset kota yang belum tersertifikasi.

Ini dilakukan untuk pendataan kembali, karena lahan Jatiland Mall dibangun di atas Hak Guna Bangunan (HGB), sehingga sesuai program Disperkim di tahun 2020 bakal melakukan konsilidasi lahan-lahan HGB dengan basis data yang real dan lengkap. “Namanya lahan HGB diatas 10 tahun terakhir ini, akan diindetifikasi kembali, termasuk SPBU dan Hypermart,” ucap Nuryadin.

Pendataan dilakukan, agar Disperkim memiliki database yang bukan saja terkait dengan HGB, seperti Jatiland Mall. Namun, juga Hypermart dan SPBU. “Intinya, ini berlaku bagi semua lahan HGB, yang nantinya akan dilakukan pendataan, agar kedepan lebih dimudahkan. Seperti perluasan kawasan HGB itu ada berapa hektar, jadi kita sudah tahu dan sudah tidak repot lagi untuk membuka satu persatu data luas bangunan atau tanah,” tandasnya. (cha/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: