poskomalut.com
baner header

SD dan SMP Unggulan Dibangun di Morotai

MOROTAI-PM.com, Peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Pulau Morotai terus genjot oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Pulau Morotai yang diprakarsai oleh dinas pendidikan sebagai salah satu lembaga teknis yang mengatur tentang pendidikan.

Hal ini dapat dilihat di tahun 2020, Dinas Pendidikan bakal membangun sejumlah sekolah, baik SD maupun SMP di beberapa desa yang ada di Morotai. Bahkan, sekolah yang dibangun itu bukan seperti sekolah biasanya, melainkan sekolah yang berstatus unggulan.”Peningkatan mutu pendidikan itu salah satunya mendorong seluruh infrastruktur pendidikan yakni di 2020 kita akan bangun sejumlah SD dan SMP,”jelas Kadis Pendidikan F Revi Dara kepada Posko Malut kemarin.

Misalnya di tahun 2020 kata dia, akan dibangun sekitar 8 sekolah dasar yakni pembangunan SD Wayabula, SD Tilei, SD Daeo, SD Momijiu Totodoku, SD Yao, SD Korango Lusuo, dan SD unggulan Wowemo. “Semua SD unggulan, misalnya Momijiu Totodoku dibikin 1, ada beberapa desa digabungkan menjadi 1 SD unggulan,”katanya

Selain pembangunan SD, Pemda Morotai juga bakal membangun sejumlah infrastruktur SMP di beberapa desa, di antaranya SMP unggulan Desa Sangowo, SMP unggulan Cocomare dan SMP unggulan Desa Bere Bere Kecil. Sedangkan anggarannya sendiri berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), dana DAK pendidikan yang bersumber juga dari APBN serta dari APBD Morotai tahun 2020.”Anggaran torang masih berupaya dengan APBN dan DAK pendidikan APBN, sementara dari DAU hanya sarana olahraga dan pagar,” terangnya. Dikatakannya,  untuk infrstruktur sekolah yang sudah dibangun  tahun 2019 dalam tahap pekerjaan, misalnya SD maupun SMP sehingga di tahun 2020 sudah bisa jalan.

“Sangowo 2020 itu SD unggulan, SD Unggulan Bere Bere, SD Unggulan Pangeo, SD unggulan Sopi, SD unggulan Waringin, dan SD Unggulan  Posi Posi Rao, 2020 SMP unggulan Momijiu, SMP unggulan Buho Buho, SMP unggulan Bere Bere, SMP unggulan Cendana, SMP unggulan Wayabula, termasuk SMP Daeo,dan Semp Leo Leo Rao, sedangkan yang 2019 sudah action itu SMP unggulan, SD unggulan Daruba 1 dan SD unggulan Dehegila,” katanya. (ota/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: