poskomalut.com
baner header

Tawuran Antara Kompleks Desa Rawajaya Rusaki Dua Rumah Warga

TOBELO-PM.com, Aksi tawuran antara Kompleks Rawajaya Pantai, dan kampung baru pantai Desa Rawajaya Kecamatan Tobelo Kabupaten Halmahera Utara (Halut), Selasa (19/11/2019), pukul 00.04 dini hari, kembali memanas.

Aksi Tawuran yang melibatkan sejumlah pemuda itu, merusaki dua rumah milik warga kompleks Kampung baru Pantai, yakni rumah milik suhartono, warga Rawajaya pantai dengan kerusakan tiga buah kaca jendela pecah, dan 12 lembar atap seng bocor. Kedua, Rumah milik Nahria warga kampung baru pantai dengan kerusakan 10 lembar dinding papan rusak.
Kedua kubu pemuda itu saling lempar menggunakan batu. Akibat saling lempar itu, warga panik dan berhamburan ke luar, karena mengganggu kenyamanan warga sekitar. Tak hanya itu, aksi baku lempar ini, sudah terjadi berulang-ulang kali sejak dua bulan terakhir. Akibatnya sejumlah warga tidak bisa tidur lantaran takut rumah mereka diserang dengan batu. Aksi saling lempar ini, kemudian lansung diamankan pihak Polres Halut.

Kasubag Humas Polres Halut Aiptu Hopni Saribu membenarkan, telah terjadi aksi saling lempar menggunakan batu antara Pemuda Kompleks Rawajaya Pantai dan Pemuda Kompleks Kampung baru Pantai, serta pengrusakan Rumah warga. Adapun kronologis pada senin pukul 19.30 wit, salah satu Oknum pemuda Kampung baru pantai Hamsir Hamangau melempar salah satu Pemuda Rawajaya Pantai yakni Rizal Parera, lemparan tersebut meleset dan mengenai bangunan gudang milik H. Manus, namun permasalahan tersebut tidak di respon oleh para pemuda rawajaya pantai sehingga situasi kembali aman. “Pada pukul 23.00 wit terjadi aksi pelemparan dengan mengunakan batu dari arah Selatan ke Utara berulang – ulang kali oleh sekelompok pemuda kampung baru pantai, dan dibalas oleh sekelompok pemuda Rawajaya pantai sehingga terjadi aksi saling lempar antara kedua kelompok tersebut,” tuturnya.

Lanjut Ia, pada Pukul 00.04 Kapolsek Tobelo, Piket SPKT, Piket Sabhara dan Pers TNI tiba di TKP dan mengamankan situasi. “Identitas pelaku empat pemuda yakni warga desa Rawajaya Pante, Wahyudi, Nasrun Parera, Ifan Parera, Risal. Sementara pelaku kampung baru pantai baru satu yang ditemukan yakni Hamsir, lainnya belum ditemukan,” tuturnya.
Hopni menambahkan, Pada Pukul 01.00 wit Personil Polres Halut dipimpin Kapolsek tobelo Iptu Andi Idrus berhasil mengamankan beberapa pelaku yang terlibat dalam pengrusakan rumah warga maupun pelemparan. Pukul 01.30 wit sd 03.00 wit Piket Spkt bersama Kades Rawajaya melakukan mediasi dan dihadiri oleh warga Rawajaya pantai serta kampung baru pantai. “Dari hasil mediasi singkat di sepakati bersama bahwa warga rawajaya pantai maupun kampung baru pantai akan menghadirkan para pemuda yang terlibat dalam aksi pelemparan serta pengrusakan rumah warga,” akhirinya. (Mar/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: