poskomalut.com
baner header

Tim Sepakbola Malut Siapkan 22 Pemain Tampil di PON XX Papua

Rahmat Rivai; Terget kita berada 4 tim teratas

TERNATE-pm.com, Setelah memastikan diri lolos ke Pekan Olah Raga Nasional (PON) yang pertama kali. Asosiasi Porvinsi (Asprov) PSSI Maluku Utara (Malut) langsung melakukan penjaringan atau seleksi pemain yang bakal diboyong untuk berlaga di PON XX 2021 di Papua.

Pelatih tim sepakbola PON Malut, Rahmat Rivai yang ditemui usai seleksi pemain di Stadion Gelora Kieraha, Minggu (27/12/20) malam mengatakan, terdapat 22 pemain bakal dipilih melalui seleksi secara profesional dan ketat untuk tampil di PON Papua.

“Hasil komunikasi dengan maneger, kami sepakat persiapkan 22 pemain yang akan diboyong ke Papua,” katanya.

Proses seleksi, kata Poci, sapaan akrab Rahmat Rifai, dilakukan sebanyak dua tahap yang diikuti sekitar 40 pemain 10 kabupaten/kota di Malut.

“Sebenarnya seleksi ini kita lakukan lama, hanya saja terkendala dengan Covid jadi kita bikin dua tahap saja. Untuk usia pemain masih disesuikan dengan regulasi lama yakni u-21 hingga u-23,” ujarnya.

Terkait kriteria pemain yang diseleksi, mantan pemain Persipura ini mengatakan, yang paling diutamakan adalah kecerdesan pemain saat berada di dalam lapangan. Menurutnya, selain fighting sprit, seorang pemain ketika berada dalam lapangan mampu mengambil keputasan dalam sepersekian detik itu pemain yang cerdas.

“Saya menganggap bahwa PON kali ini, kita harus pilih pemain yang tidak hanya fight, punya skil yang cantik. Tapi kecerdarasan pemain sangat penting. Karena sepak bola sekarang ini tidak lagi mengandlakan fisik. Tapi kekuatan berfikir seorang pemain ketika berada dalam lapangan,” katanya.

Ia menambahkan, untuk hasil, dirinya akan berkoordinasi dengan maneger dan disampaikan 4 hari pasca seleksi terakhir. Selanjutnya dilakukan seleksi berkas kepada pemain yang dinyatakan lolos.

“Berikutnya kita akan kirim surat ke pamain yang lolos, memasukan berkas untuk seleksi. Karena kita belajar dari pengalaman tahun 2017 kemarin. Kita tidak mau hal itu terjadi lagi,” ujar Poci.

Poci berharap dukungan dan motivasi dari berbagai pihak terutama pemain agar bisa tampil baik. Sehingga target berada di empat tim tertas di PON Papua dapat tercapai.

“Saya harpakan dukungan dari berbagai pihak, terutama para pemain untuk berikan yang terbaik agar terget kita berada di empat tim teratas bisa tercapai,” harapnya. (ra/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: