poskomalut.com
baner header

Usai Dhohor, Masjid Al-Munawwar Kota Ternate akan Menggelar Sholat Gerhana Matahari

TERNATE-PM.com, Pada hari ini, Kamis 26 Desember 2019 akan dilintasi gerhana matahari cincin, untuk itu Masjid Al-Munawar Kota Ternate dijadwalkan mengelar sholat sunah khusuf atau sholat gerhana matahari usai Dhohor.

Fahmi,  selaku badan sarah mesjid Al-munawar, kepada poskomalut.com mengatakan, sholat gerhana disyariatkan kepada siapa saja, baik dalam keadaan muqim di negerinya atau dalam keadaan safar, baik untuk laki-laki atau untuk perempuan. “Namun meski demikian, kedudukan shalat ini tidak sampai kepada derajat wajib, sebab dalam hadits lain disebutkan bahwa tidak ada kewajiban selain shalat 5 waktu semata,” jelasnya.

Sholat gerhana matahari dikerjakan dengan cara berjamaah, sebab dahulu Rasulullah SAW mengerjakannya dengan berjamaah di masjid. Shalat gerhana secara berjamaah dilandasi oleh hadits Aisyah ra. Shalat gerhana dilakukan tanpa didahului dengan azan atau iqamat, yang disunnahkan hanyalah panggilan shalat dengan lafaz. “Ash Shalatu Jamiah” Juga disunnahkan untuk mandi sunnah sebelum melakukan shalat gerhana, sebab shalat ini disunnahkan untuk dikerjakan dengan berjamaah.

Lebih utama bila pada rakaat pertama pada berdiri yang pertama setelah Al-Fatihah dibaca surat seperti Al Baqarah dalam panjangnya. Sedangkan berdiri yang kedua masih pada rakaat pertama dibaca surat dengan kadar sekitar 200-an ayat, seperti Al Imran. Sedangkan pada rakaat kedua pada berdiri yang pertama dibaca surat yang panjangnya sekitar 250-an ayat, seperti An-Nisa. Dan pada berdiri yang kedua dianjurkan membaca ayat yang panjangnya sekitar 150-an ayat seperti Al-Maidah.

Disunnahkan untuk memanjangkan ruku` dan sujud dengan bertasbih kepada Allah SWT, baik pada 2 rukuk dan sujud rakaat pertama maupun pada 2 ruku` dan sujud pada rakaat kedua. (Cr03/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: