Wali Kota Tidore ke Maba Unkhair Ternate; Kalian Harapan Indonesia Emas

Foto bersama Wai Kota Tidore Kepulauan dan ratusan peserta (PKKMB) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unkhair Ternate.

TIDORE-pm.com, Pentingnya peran pendidikan dalam membentuk generasi muda yang siap menghadapi tantangan menuju Indonesia Emas 2045. Indonesia Emas 2045 adalah tujuan ambisius, dapat dicapai dengan investasi yang tepat dalam pendidikan generasi muda.

Demikian pemaparan Wali Kota Tidore Kepulauan Capt, H. Ali Ibrahim saat menjadi narasumber pada Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unkhair Ternate, di Gambesi, Kota Ternate, Selasa (29/8/2023).

Ali Ibrahim mengatakan dalam menghadapi visi Indonesia Emas 2045, Presiden Joko Widodo berpesan pada penyusunan rancangan akhir Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025-2045 yang disusun Kementerian PPN/Bappenas.

“Kalian adalah harapan pemerintah di era Indonesia Emas 2045 ke depan, mungkin ini adalah awal kalian untuk belajar di dunia perkuliahan. Insha Allah ke depan kalian yang akan meneruskan pemerintahan ini di era Indonesia Emas,” kata Ali Ibrahim kepada 600 mahasiswa tersebut.

Di hadapan mereka, orang nomor satu di Kota Tidore ini juga memaparkan, selama masa kepemimpinan dua periode bersama Muhammad Sinen, selalu meletakkan pendidikan untuk penguatan SDM sebagai prioritas utama dalam kebijakan pemerintahan. Termasuk politik anggaran di Kota Tidore Kepulauan, dengan tujuan untuk meningkatkan SDM yang berkualitas, berkarakter, berdaya saing dan produktif serta melestarikan kebudayaan daerah.

“Sehingga dalam periode kepemimpinan kami, alokasi anggaran fungsi pendidikan di Kota Tidore rata-rata Rp200 miliar setiap tahun atau di atas 21%, melewati ambang batas 20% mandatory spending yang diamanatkan dalam UU. Dengan itu, kami membangun sekolah, dan fasilitas pendidikan, mendorong kualitas dan kesejahteraan guru serta menciptakan pendidikan dasar sembilan tahun secara gratis bagi semua warga. Selain itu di dunia kesehatan masyarakat Kota Tidore mendapatkan pelayanan kesehatan gratis dengan persyaratan memiliki E-KTP Kota Tidore Kepulauan,” papar Ali Ibrahim.

Ketua Alumni Unkhair Kota Tidore Kepulauan itu mengatakan, menghadapi Indonesia Emas 2045 harus didukung pendidikan yang berkualitas. Pendidikan yang berkarakter dan etika, kurikulum yang relevan dan inklusif serta teknologi dalam pendidikan.

Calon Doktor Universitas Indonesia ini juga menyampaikan, butuh kolaborasi semua pihak untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang optimal. Melalui pendidikan yang baik, generasi muda dapat menjadi motor penggerak pencapaian visi Indonesia Emas 2045.

“Mari bersama-sama berkomitmen untuk memastikan bahwa setiap anak Indonesia memiliki akses kependidikan yang berkualitas, sehingga kita dapat mewujudkan visi gemilang Indonesia Emas 2045 ke depan,” ajak wali kota dua periode itu.

Sementara, dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unkhair Ternate, Muhsin N Bailussy menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kota Tidore karena selalu menjadi mitra terbaik Unkhair Ternate.

“Terima kasih pak wali kota karena telah hadir untuk memberikan inspirasi dan motivasi kepada mahasiswa baru Fakultas Ekonomi dan Bisnis ini. Semoga kehadiran Wali Kota Tidore ini dapat menginsipari para mahasiswa untuk bisa menjadi pemimpin hebat seperti beliau, dan dapat menerima tantangan menuju Indonesia Emas 2045 kedepan,” kata Muhsin.

Ia menambahkan, PKKMB ini merupakan kegiatan pengenalan kampus bagi mahasiswa dari transisi SMA ke perguruan tinggi dengan membentuk karakter serta mampu memberikan motivasi. Tujuannya, mahasiswa benar-benar mampu menghadapi tantangan di era global menuju Indonesia Emas 2045.

Komentar

Loading...