Wali Kota Tidore Serahkan Laporan Keuangan ke BPK

Wali Kota Capt H. Ali Ibrahim bersama Ketua Perwakilan BPK RI Provinsi Maluku Utara, Marius Sirumapea saat penyerahan laporan keuangan. (Mdm/poskomalut).

TIDORE-pm.com, Wali Kota Capt H. Ali Ibrahim resmi menyerahkan Laporan Keuangan Kota Tidore Kepulauan tahun anggaran 2022 kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Maluku Utara.

Disampaiakan dalam acara penyerahan Laporan Keuangan Unaudited TA 2022 oleh pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota se Maluku Utara, bertempat di ruang auditorium Gedung BPK RI Perwakilan Provinsi Maluku Utara di Ternate, Jum'at (31/3/2023).

Pada penyerahan LKPD Tahun Anggaran 2022 tersebut, Wali Kota Tidore Kepulauan mengharapkan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) kooperatif memberikan data, informasi dan klarifikasi yang dibutuhkan tim BPK, sehingga proses pemeriksaan terperinci selama 40 hari ke depan berjalan dengan baik dan lancar.

“Tentunya kami berharap fungsi pembinaan yang dilakukan tim BPK bukan karena mengedepankan kasus, tapi bagaimana melakukan pembinaan dan penataan lebih baik dalam tata kelola keuangan daerah, sehingga sesuai harapan kita semua ke depannya dan tidak terlalu banyak muncul permasalahan yang dihadapi dalam pengelolaan keuangan daerah,” tutur Ali Ibrahim.

Lebih lanjut, wali kota dua periode itu menambahkan, sebagai kepala daerah yang telah berusaha optimal dalam menyusun LKPD Tahun Anggaran 2022, ia berharap kembali memperoleh opini terbaik dari BPK.

Sementara, Ketua Perwakilan BPK RI Provinsi Maluku Utara, Marius Sirumapea dalam sambutannya mengatakan, dalam rangka penyusunan laporan keuangan daerah maka disampaikan kepada gubernur, bupati dan wali kota, untuk dapat menyampaikan atau menyerahkan laporan pertanggungjawaban keuangan paling lambat tiga bulan setelah tahun anggaran berakhi.

“Jadi bapak ibu, ini adalah hari terakhir setelah tiga bulan kita mulai mencoba berdiskusi dengan pemerintah daerah terkait penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2022, setelah ini akan ada pemeriksaan terperinci oleh tim BPK RI Perwakilan Provinsi Maluku Utara, kami berharap segala data yang kami butuhkan selama pemeriksaan tersebut agar dapat ditindaklanjuti secepatnya,” ucap Marius.

Hadir mendampingi Wali kota Tidore dalam penyerahan laporan keuangan tersebut, Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan, Ismail Dukomalamo, Kepala Inspektur Daerah Kota Tidore, Arif Radjabessy, dan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Amir Gorotomole.

Komentar

Loading...