poskomalut.com
baner header

Warga Keluhkan Tumpukan Sampah di Bahu Jalan

TOBELO-PM.com, Masyarakat mengeluhkan tumpukan sampah yang berserakan disetiap badan jalan umum di Kota Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara (Halut). Hampir satu bulan, mobil pengangkut sampah tidak lagi beroperasi.

“Sudah hampir sebulan ini, sampah yang berserakan tidak diangkut oleh Mobil sampah, sehingga merusak pemandangan disetiap badan jalan umum,” keluh Janlis Kitong salah satu warga Tobelo, Selasa (05/10).

Menurut mantan anggota DPRD Halut ini, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Halut tidak becus dalam menangani sampah, sehingga membuat pemandangan jalan di Kota Tobelo dipenuhi sampah. Belum serakan sampah ini menimbulkan stabilitas lingkungan hidup masyarakat.

“Sampah yang berserakan ini, tandanya Kadis DLH tidak mampu mengurus lingkungan yang bebas dari sampah. Buktinya sampah yang suda sebulan tidak diangkat, sehingga berserakan dibeberapa titik, Bupati harus segera mengevaluasi kinerja Kadis DLH,” pinta Janlis.

Sementara Kadis DLH Halut Samud Taha membenarkan, saat ini tumpukan sampah berserakan dimana-mana. Samud beralasan tumpukan sampah itu, bukan mobil pengangkut sampah tidak beroperasi, namun ada kendalah jalur jalan menuju Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Desa Gosoma Kecamatan Tobelo, Kabupaten Halut, telah dipalang pemilik lahan setempat, sehingga pihak DLH tidak bisa melewati jalur TPA.

“Karena akses jalan ditutup sehingga kami kesulitan lewat jalan tersebut. Apalagi tidak ada jalan alternatif,” tutur Samud.

Jika pembokotan lahan itu suda dibuka, maka aktivitas pengangkutan sampah berjalan normal.  (mg07/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: