poskomalut.com
baner header

Warga Malut Antusias Saksikan Gerhana Cincin

TERNATE-PM.com, Warga Maluku Utara antusias menyaksikan fenomena alam langkah Gerhana Matahari Cincin, Kamis (26/12/2019). Meski sebagian kawasan tertutup awan, namun warga tetap antusias. Tidak hanya menyaksikan fenomena ini, warga juga turut melaksanakan shalat gerhana.

Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika Ternate sendiri melakukan amatan di halaman kantor BMKG di Kelurahan Tabona. Selain amatan BMKG juga memberi kesempatan warga untuk melihat proses terjadinya gerhana menggunakan peralatan BMKG dan nonton bareng.

Gerhana Matahari Cincin dilihat menggunakan alat BMKG

Seperti diketahui, Gerhana Matahari Cincin seperti hari ini, sebelumnya pernah terjadi di Indonesia pada tahun Agustus 1999 silam. Gerhana Matahari Cincin terjadi ketika bulan berada pada titik yang lebih jauh dari bumi. Salah satu warga Tabona, Rahmawati (30) mengaku, fenomena gerhana yang disaksikan nya merupakan yang kedua setelah gerhana matahari total pada Maret 2016 lalu sehingga fenomena langkah ini sayang untuk di lewatkan. “Saya bersyukur ini gerhana ke dua yang saya pernah liat dan tentunya sayabrasa bersyukur,” singkatnya.

Pantauan BMKG fase awal kontak terjadinya gerhana di wilayah Malut berbeda waktu yakni Labuha 13.41 WIB,Sanana,13.47 WIT,Ternate 13.51 WIT,Jailolo 13.51 WIT,Tidore 13.51 WIT,Sofifi 13.51 WIT,Weda 13.52 WIT ,Tobelo 13.52 WIT,Daruba 13.53 WIT,Maba 13.54 WIT. (phan/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: