poskomalut.com
baner header

2020 Diknas Fokus Penguatan Khsusus Calon Kepsek

TIDORE-PM.com, Dinas Pendidikan (Diknas ) secara konsisten dan terus-menerus berbenah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Tidore Kepulauaan. Lantaran itu pada tahun 2020 nanti pihaknya akan melakukan kegiatan pendidikan dan pelatihan (diklat) calon kepala sekolah ( kepsek)  di tingkat TK, SD dan SMP di Kota Tidore Kepulauan.   

Hal ini disampaikan Kadiknas Tidore Ismail Dukomalamo, kepada wartawan baru-baru ini. Diklat tersebut merupakan penguatan kualitas diri khususnya sebagai seorang pimpinan di lingkungan sekolah agar mereka bisa memahami dan memiliki wawasan tentang tugas pokok dan fungsi sebagai kepala sekolah. Sehingga pada penjabarannya akan mampu membina guru, siswa dan sekolah, terutama  hubungan dengan masyarakat yang sudah tentu akan mampu menjadi pemimpin yang dapat membawa sekolahnya memiliki kualitas yang baik serta lulusan yang mempunyai kualitas SDM yang baik pula. ’’Insha Allah jika anggaran kita memungkinkan maka kita akan melakukannya pada tahun 2020,’’kata Ismail.

    Selain penguatan kapasitas kepsek, diklat ini dilakukan agar para calon kepsek mendapatkan lisensi berupa Nomor Unik Kepala Sekolah (NUKS) sesuai amanat Permendikbud No 16 tahun 2018 yang juga diperkuat oleh surat edaran Kabid GTK nomor 19998/ 2018.

  Ismail mengungkapkan  dari 100  persen kepsek di Kota Tidore Kepulauan  yang baru memiliki NUKS hanya 3 persen, sedangkan sisanya  97 persen belum memiliki NUKS. Olehnya itu dirinya berharap  dengan adanya regulasi yang baru ini  kepala sekolah di Kota Tidore   harus mempunyai  NUKS  agar  kinerjanya lebih baik  dan  mampu memperkuat manajemen pembelajaran di  sekolah.(mdm/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: