40 Napi Diusulkan Dapat Remisi Hari Kemerdakaan, Termasuk Satu Tahanan Korupsi

Rutan Kelas II B Ternate. foto istimewa.

TERNATE-pm.com, Sebanyak 40 Narapidana (Napi) di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Ternate, Maluku Utara diusulkan mendapatkan remisi HUT RI 17 Agustus 2022.

Kepala Rumah Tahanan (Karutan) Kelas IIB Ternate, Sujatmiko mengatakan, sebagian besar napi yang diusulkan mendapat remisi 17 Agustus tahun ini merupakan napi dari perkara Tindak Pidana Umum (Pidum).

"Yang kita usulkan itu dari jumlah tersebut diantaranya kasus penganiayaan, penelantaran anak, narkotika dan satu orang untuk kasus korupsi, mereka akan mendapatkan remisi khusus untuk hari kemardakaan," ujar Sujatmiko, Kamis (11/8/2022).

Napi yang akan mendapat potongan masa tahanan telah melalui sejumlah persyaratan dan sesuai penilaian petugas saat Napi menjalani masa hukumannya di Rutan.

Sujatmiko menyatakan, tidak menutup kemungkinan ada remisi susulan.

“Hal itu jika misalkan sebelum 17 Agustus Napi tersebut sudah putusan, dan surat-suratnya belum lengkap, dan dari Kejaksaan eksekusi di 20-25 Agustus, maka ada pertimbangan. Ya kalau sudah menjalani sampai 17 Agustus dan itu terhitung enam bulan kita remisi susulan," akunya.

Ia berharap kepada Napi yang diusulkan mendapat remisi pada tahun ini, agar lebih baik lagi dalam menjalankan kehidupan.

"Mereka yang diberikan remisi ini bisa menunjukkan hal positif kepada keluargan dan masyarakat," tukasnya.

Komentar

Loading...