poskomalut.com
baner header

Bupati Edy Langkara Buka Halteng Expo di HUT

WEDA-PM.com, Berbeda dengan tahun sebelumnya dalam perayaan hari ulang tahun (HUT) ke- 29 Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng) menggelar Halteng Expo 2019 di area Lapangan Falcilno Weda. Pameran tersebut resmi dibuka oleh Bupati Edi Langkara dan Wabup Abd Rahim Odeyani, Ahad (13/10).

Bupati Edi Langkara menyampaikan misi pertama membangun birokrasi yang bersih profesional dan melayani. “Untuk menjawab misi ini pemerintah daerah telah melakukan berbagai program strategis,” jelas Elang.

Program strategis itu di antaranya konsolidasi organisasi perangkat daerah, penguatan sistem perencanaan dan penganggaran (E-planing dan E-Budgeting), peningkatan kualitas pelaporan akuntabilitas dan kinerja instansi pemerintah (E-SAKIP), meningkatnya pelayanan publik melalui hasil penilaian Ombudsman, peningkatan opini pengelolaan keungan daerah dari WDP ke WTP oleh BPK RI, penguatan kelembagaan dan sumber daya aparatur melalui Diklat PIM II, 2 Angkatan sebanyak 39 orang dan pendidikan profesi Kepamong Prajaan 2 angkatan sebanyak 20 orang.

Misi kedua yakni membangun infrastruktur dasar dan konektifitas wilayah. “Untuk menjawab misi ini pemda telah melakukan berbagai program strategis antara lain sektor pekerjaan umum,” tururnya.

Pekerjaan umum itu meliputi melaksanakan program strategis multy years sebanyak 7 paket kegiatan, yaitu pembangunan Pasar Fagogoru, pembagunan Pasar Lelilef, pembangunan Gelanggang Olahraga Fagogoru, pembangunan jalan hotmix Pulau Gebe, pembangunan jalan Hotmix Patani-Tepeleo (Bakajaya-Tepeleo Batu Dua), pembangunan jalan hotmix Tepeleo- Sakam, pembangunan jalan hotmix Sakam-Tepeleo, pembangunan jalan kabupaten sepanjang 70,98 Km dari total kebutuhan jalan rusak dan belum dikerjakan sepanjang 183, 464 Km. selain itu  pembangunan jembatan sepanjang 118,62 meter dari total kebutuhan jembatan yang rusak dan belum dikerjakan sepanjang 1.044,2 meter, pembangunan irigasi 500 meter dan pembangunan kanal 3.975 meter.

Edi juga membeberkan pembangunan pada sektor perumahan dan pemukiman, sektor perhubungan, telah dilaksanakan program pembangunan bandara Weda dan lainnya. Misi ketiga yakni pengembangan potensi sumber daya alam dan menciptakan iklim investasi. Untuk menjawab misi ini pemerintah daerah telah melakukan berbagai program strategis pada sektor ekonomi, sektor pertanian, perikanan, pariwisata dan investasi.

Sedangkan pada misi keempat, mewujudkan pelayanan pendidikan dan kesehatan yang merata dan bermutu, yaitu di sektor pendidikan dan kesehatan. Misi kelima mengembangkan budaya hukum dan HAM dalam kehidupan masyarakat yang berlandaskan falsafah fagogoru. “Dimana pemda telah melaksanakam program pada sektor kebudayaan dan sektor hukum dan HAM,” katanya. (ies/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: