Enggan Hadiri Upacara HUT dan Sidang Paripurna Istimewa

Delapan Anggota DPRD Haltim Dinilai Tak Hargai HUT Kabupaten

Rapat paripurna istimewa HUT ke-20 Kabupaten Haltim.

MABA-pm.com, Sikap tidak terpuji kembali di tujukan sejumlah anggota DPRD Halmahera Timur (Haltim). Mengapa tidak, di tengah kesibukan masyarakat dan pemerintah daerah melaksanakan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 20 Kabupaten Haltim, sejumlah anggota DPRD malah sibuk dengan urusan pribadinya hingga enggan mengikuti upacara maupun rapat paripurna istimewa. Yang dilaksanakan usai upacara HUT, dipusatkan di Lapangan Jiko Mobon, Kota Maba, Rabu (31/05/2023).

Terdapt Delapan anggota DPR yang tidak mengikuti rapat paripurna yang dihadiri bupati, wakil bupati dan unsur muspida.

Anggota DPRD tersebut diantaranya Ashadi Tajudin (Hanura) Yusak Iramis (Demokrat), Inyoman (Gerindra), Slamet Prianto (PDIP), Alfano W. Susu (Demokrat), Ahmat tomagola (PAN), Jefri Maudul (Nasdem) dan Basir Lambutu (Golkar).

Tidak harinya para wakil rakyat tersebut mendapat reaksi keras dari sejumlah pihak terutama Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Haltim.

Ketua KNPI Haltim, Ifdal Rajak kepada wartawan mengaku sangat prihatin dengan sikap apatis Delapan anggota DPRD tersebut. Mereka dinilai dinilai tidak menghargai perjuangan masyarakat dalam memekarkan Kabupaten Halmahera Timur hingga bisa dinikmati seperti saat ini.

"Paripurna istimewah ini tidak bisa dianggap sepeleh, karena ini adalah hari sakral negeri ini dimekarkan, karena pemekaran inilah sampai kita bisa menjadi anggota DPRD dan menempati ruang yang istimewah seperti saat ini," tegasnya.

Kata Ifdal, anggota DPPRD harus memprioritaskan dalam mengikuti upacara maupun paripurna di hari hari besar Halmahera Timur, sebagai bentuk penghargaan atas perjuangan masyarakat dan para tokoh negeri ini.

"Ini perlu kita pertegas, jujur meskipun tadi dalam paripurna memenuhi kuorum tetapi kita sangat sayangkan dengan sikap mereka yang tidak hadir tersebut," kesal Ifdal.

Dirinya meminta ke depannya para anggota DPRD dapat mengabaikan kegiatan-kegiatan yang tidak terlalu penting untuk hadir dan ikut berpartisipasi dalam perayaan HUT Haltim.

"Karena kalau dibaisakan lama lama dianggap HUT ini hanya kegiatan seremoni saja, makanya kita pertegas agar sikap apatis semacam ini tidak boleh lagi dipertontonkan, kita berharap kedepan biar perlu semu anggota DPRD bisa hadir dalam kegiatan kegiatan semacam ini," pinta Ifdal.

Sementara itu, Kabag Persidangan, Amirudin dikonfirmasi mengatakan absennya sejumlah anggota DPRD tersebut karena ada yang sakit dan juga izin.

“Ada yang izin, ada juga yang sakit," singkatnya menutup.

Komentar

Loading...