Dibangun 2022 Lalu, BTS di Haltim Belum Dapat Digunakan

MABA-pm.com, Pembangunan Base Transceiver Station (BTS) atau tower mini oleh Kementrian Kominfo di Halmahera Timur (Haltim) hingga saat ini tidak bisa digunakan.

Terdapat sebanyak 41 titik BTS yang dibangun pada 2022 di Halmahera Timur belum bisa difungsikan.

Kepada Dinas Kominfo Haltim Bahtiar dikonfirmasi membenarkan, BTS yang dibangun masih bermasalah.

Beberapa waktu lalu pihaknya mengadakan rapat koordinasi dengan Kementrian Kominfo di Makassar. Ternyata, semua daerah mempunyai keluhan yang sama, bahwa BTS yang dibangun masih bermasalah.

"Jadi saat ini BTS yang dibangun itu sudah aktif, namun masalahnya itu pada kapasitas setiap BTS yang dibangun itu kecil, sehingga tidak bisa digunakan apabila adanya banyak pemakai Handphone," ujarnya, Rabu (20/9/2023).

Dikatakanya, Kementrian Kominfo memberitahukan pada rapat koordinasi tersebut bahwa BTS yang dibangun akan aktif apabila Satelit SATRIA Indonesia sudah pas pada titik orbit.

"Satelit SATRIA telah diluncurkan di Amerika Serikat, sehingga butuh waktu untuk pas pada titik orbit dan diperkirakan akatif pada awal bulan tahun 2024," tuturnya.

Kata Bahtiar, Satelit SATRIA itu diluncurkan untuk diperuntukkan daerah 3T.

"Dan apabila Satelit SATRIA sudah pada titik orbit maka, BTS dibangun pada daerah 3T itu akan bisa digunakan," pungkasnya.

Komentar

Loading...