DPMD Haltim Gelar Sosialisasi Pemberdayaan dan Pengembangan Rumpon

Jalannya fasilitasi dan sosialisasi pengembangan rumah ikan (rumpon) di Kecamatan Kota Maba dan Maba, Senin (20/5/2024).

MABA-pm.com, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) Maluku Utara (Malut) menggelar fasilitasi dan sosialisasi pengembangan rumah ikan (rumpon) di Kecamatan Kota Maba dan Maba, Senin (20/5/2024).

Fasilitasi dan sosialaisasi secara resmi dibuka bupati yang diwakili Asisten I, H Nasrun Konoras dihadiri, Kadis PMD Haltim Khalid Abbas, Perwakilan Kemendes Minarni Marbun, Dosen Perikanan Unkhair Ternate Surrahman SPi, BP4D, Dinas Perikanan dan peserta dari Kades Buli, Kades Wailukum, Kades Maba Sangaji dan Kades Gamesan.

Asisten I Nasrun pada kesempatan itu mengatakan, Pemerintah Kabupaten Halmahera Timur berterima kasih kepada Kemendes PDT Trans RI sebagai Pilot Project empat Desa di dua Kecamatan.

“Mudah-mudahan ini sebagai langkah awal dan kedepan bisa di kaksanakan di Desa lainnya di 10 Kecamatan se Halmahera Timur,” kata Nasrun dengan nada berharap.

Kata dia, untuk Kecamatan Kota Maba dan Kecamatan Maba yang menjadi pilot projet ini dikelilingi oleh beberapa Perusahan Tambang Group Antam dan juga beberapan Perusahan Swasta lain yang sudah memiliki izin penambangan di wilayah dua Kecamatan ini.

“Semoga langkah dan contoh bagi perusahan lain untuk dapat mengikuti langkah yang sudah dilakukan oleh Antam Group dan beberapa perusahan swastan lain,” harap mantan Kadis Pertambangan ini.

Terpisah, Kepala Dinas PMD Haltim Khalid Abbas mengatakan, kegiatan hari ini adalah untuk memfolow up dan penguatan masing-masing pihak dan yang terpenting dari pihak PT Antam dan PT NKA.

“Selaku Kepala Dinas PMD yang harus siap adalah para Kepala Desa, BPD dan masyarakatnya agar dapat menyukseskan kegaiatan pemberdayaan pengembangan rumah ikan (Rumpon) ini,” katanya.

Lanjut dia, prinsipanya Dinas PMD akan selalu mensuport dan memfsilitasi Desa untuk menjalakan kegiatan pemberdayaan ini.

“Intinya kami Pemerintah Daerah melalui Dinas PMD akan membantu dan memfasilitasi Kepala Desa dan BPD serta masyarakatnya dalm menyukseskan kegiatan pemberdayaan Rumpon di Desa masing-masing,” tandas Khalid Abbas.

Komentar

Loading...