FORKAP Haltim Desak Bupati Copot Kadis Nakertrans

Unjuk FORKAP di depan Kantor Bupati Haltim mendesak Kepala Dinas (Kadis) Nakertrans, Richard Sangadji dicopot, Senin (6/2/2023).

MABA-pm.com, Forum Komunikasi Pemuda (FORKAP) Halmahera Timur (Haltim), mendesak Bupati Ubaid Yakub mencopot Kepala Dinas (Kadis) Nakertrans, Richard Sangadji.

Desakan disampaikan saat aksi FORKAP di depan Kantor Bupati Haltim, Senin (06/02/2023).

Aksi itu menyusul dugaan tindakan fisik atau pemukulan oleh Kadis Nakertrans kepada dua stafnya beberapa hari lalu.

Ilham Abd Rajak koordinator aksi menyampaikan, sesuai Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) secarah jelas bahwa apa yang dilakukan Kepala Dinas Naker Trasn Haltim, telah melanggar ketentuan BAB II, Asas, Prinsip, Nilai Dasar, serta Kode Etik Dan Kode Prilaku. Sementara dalam amanat Pasal 2 (dua) secarah tegas bahwa, penyelenggaraan kebijakan dan manejemen ASN berdasarkan pada asas.

"Pasalnya dibentuknya hukum pelayanan publik sama dengan pembentukan hukum pada umumnya yaitu untuk menciptakan kebaikan, menjamin keadilan dan ketertiban dalam kehidupan bermasyarakat. Kebaikan yang diinginkan dalam hukum pelayanan publik," ujarnya.

Lanjutnya, FORKAP menegaskan dalam bentuk pokok pikiran yakni juga mendesak Kadis Nakertrans dipenjarakan karena tindak penganiayaan kepada bawahannya.

Sementara itu, Bupati Haltim saat menemui masa aksi menyampaikan dirinya tidak mau sewenang-wenang dalam mengambil keputusan. Sambung dia, saat ini dirinya telah perintahkan komisi etik ASN untuk melakukan penindakan.

"Nanti hasilnya seperti apa kita serahkan sepenuhnya," tandasnya.

Ubaid juga mengaku sangat menyesali tindakan yang dilakukan bawahnhya itu. Ia minta semua pihak agar mempercayakan proses hukum sepenuhnya kepada pihak kepolisian yang menangani kasus ini tersebut.

Komentar

Loading...