poskomalut.com
baner header

Fraksi NasDem DPRD Kota Ternate Nilai Program Segitiga Emas Tak Didukung OPD

TERNATE-PM.com, Segitiga emas ini gagasan kerjasama 3 wilayah yaitu Kota Ternate, Tidore dan Halbar untuk memaksimalkan potensi perekonomian dan pertumbuhan PAD masing-masing  daerah, namun sayangnya hal itu tidak didukung oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Ketua fraksi NasDem Nurlaela Syarif menyatakan, segitigas emas itu kan melihat 3 aspek yakni pertanian, pariwisata, dan perhubungan. “Dalam program kegiatan OPD tidak nampak program kegiatan ini dimaksimalkan, tapi hanya terpusat di konsep perencanaan, atau pada OPD Bapelitbangda/bappeda. Padahal gagasan program ini sangat baik tapi tidak diikuti dengan langkah konkrit sinergisitas dari masing-masing OPD,” kata Nurlaela, Rabu (20/11/2019) pada poskomalut.com via WhatsApp.

Nurlaela menambahkan, OPD belum fokus dan sinergis, misalkan di sektor pariwisata, potensinya belum dimaksimalkan secara konkrit bagaimana keterpaduan destinasi wisata di 3 daerah tersebut, untuk menjadi objek wisata yang bisa dijual skala Nasional atau International.

Perhubungan juga demikian, misalkan dari Ternate ke Tidore kenyamanan pelabuhan ini tidak maksimal. “Dalam tataran koordinasi dan implementasi dari masing-masing OPD, misalkan di sektor pertanian Kota Ternate selama ini cukup berintegrasi dengan Halbar dan Tidore untuk hasil-hasil pertanian seperti komoditi tomat, sayuran, dan rica,”ujarnya.

Dia menegaskan, sebenarnya gagasan program ini sangat baik dalam hal pembangunan dan pertumbuhan ekonomi untuk Kota Ternate, karena kota Ternate sebagai pintu masuk. “Kalao hanya program politik yah menurut saya setiap kebijakan itukan pasti bersingungan dengan politik jadi wajar-wajar, asalkan konsisten dengan tujuan untuk pembangunan dan kesejahteraan rakyat, itu tujuan politik yang sesungguhnya” jelasnya.

Sesuai yang diwacanakan oleh Kepala Bapelitbanda 3 daerah dalam rapat koordinasi, implementasi segitiga emas ini akan disinergiskan dalam bentuk program dan kegiatan. “kami berharap konsisten, maksimalkan potensi ini agar mendukung pertumbuhan ekonomi, mengatasi persoalan pangan di Kota Ternate, dan bisa meningkatkan PAD,” pungkasnya. (Cr02/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: