poskomalut.com
baner header

Gelar Ritual Adat Tulude, Warga Sanger Undang Bupati dan Wabup Halbar

Zakir Mando Dipuji Karena Berjasa

JAILOLO-PM.com, Warga suku Sanger yang berdomisili di wilayah Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), menggelar acara ritual adat Tulude yang dipusatkan di dusun Jati desa Soakonora kecamatan Jailolo Jum’at, 31 Januari 2020.

Acara Tulude atau biasa disebut dengan melepas yang lama dan ganti yang baru tersebut, melalui ritual puncak kegiatan dengan mencuci tangan bupati Danny Missy, dan disusul perangkat adat dan kepala desa serta Wakil Bupati Halmahera barat (Halbar) Ahmad Zakir Mando.

Acara yang dimulai melalui pengantar kue ritual oleh masyarakat adat itu digiring menggunakan nyayian adat berbahasa sanger, dan di diakhiri sepatah kata tokoh adat untuk memberi kue sebagai ritual tulude kepada bupati.

Bupati dalam sambutan mengaku, jumlah suku sanger di Halmahera Barat sebanyak 17 ribu, sebagaimana diakui tokoh suku sanger merupakan jumlah yang banyak. Dengan itu, dia berjanji akan membangun rumah adat suku sanger di tahun mendatang.

Lanjut bupati mengku, ritual tulude yang ditampilkan suku sanger direspon oleh daerah. Maka itu, dijanjikan kedepan akan dibuat acara yang lebih besar.

Selain itu dia meminta masyarakat menjaga ketertiban dan kerukunan hidup bermasyarakat meski sekalipun berbeda pilihan di momentum pemilukada nanti. Terlebih kedepan wakil bupati Ahmad Zakir Mando juga mengikuti calon sebagai bupati Halbar, sehingga warga meminta tidak menciptakan perbedaan meski berbeda suku, agama dan adat di wilayah Halbar.

Ketua panitian ritual Tuluke Elai Sanggelorang, pada wartawan mengatakan, acara tersebut dilakukan sebagai ritual pemanjatan doa meninggalkan kebiasaan lama dan ganti yang baru. Pasalnya, sesuatu yang lama yang tidak baik wajib dibuang untuk menata yang baru ditahun yang baru.

Hal yang sama kepala desa Soakonora Erasmus Samudara, dalam sambutan membenarkan, bahwa subtansi dari ritual adat tulude adalah melepas sesuatu yang lama dan menggantikan yang baru dari wujud pelaksanaan ritual itu.

Dia mengaku Kegiatan itu dapat berjalan dengan baik atas dukungan seluruh pihak. Terlebih dan teristimewa kepada wakil bupati Halbar Ahmad Zakir Mando, yang memberikan bantuan hingga warga bisa tampil meria pada acara tersebut.(lan/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: