Genjot PAD, Dishub Haltim Mulai Sosialisasi Perda Parkir

Kadishub Haltim, Dwi Cahyo.

MABA-PM.com, Dinas Perhubungan Halmahera Timur (Haltim) tahun ini menggenjot Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui penarikan retribusi parkir kendaraan, baik roda dua maupun roda empat, khusus di setiap pasar yang dibangun pemerintah daerah.

Kepala Dinas Perhubungan Haltim, Dwi Cahyo kepada wartawan mengatakan, meski mulai menyasar retribusi parkir, pihaknya bakal terlebih dahulu melakukan sosialisasi Peraturan daerah (Perda) tentang parkir yang sudah disahkan DPRD tahun lalu.

"Jadi kita sosialisasi kan dulu untuk tahap awal, baru kita lakukan penarikan," ujar Dwi, Senin (7/3/2022).

Kata dia, sebagaimana peraturan daerah nomor 02 tahun 2020 tentang parkir, pihaknya bakal memaksimalkan retribusi di beberapa pasar, diantaranya; Pasar Kota Maba, Buli, Wasile dan Pasar Wasile Timur.

"Karena itu adalah tempat-tempat yang dibangun pemerintah maka kita akan lakukan penarikan retribusi untuk mengait target PAD kita," terangnya.

Dikatakan, untuk tahun 2021 sejumlah target tidak bisa dicapai Dishub karena terkendala masifnya pandemi Covid-19, sehingga penarikan retribusi tidak maksimal dilakukan.

"Kalau untuk parkir kan kecil, itupun tidak dicapai tahu lalu karena sebelum Perda ini terbit, kita hanya bisa melakukan pencarian di areal bandara. Sedangkan kita tahu tidak ada pesawat yang masuk, makanya target yang ditetapkan tidak dicapai," ujar dia.

Dwi menambahkan, selain parkir, pihaknya juga akan memaksimalkan beberapa sektor pendapatan lainnya, seperti iji kendaraan yang ditargetkan sebesar Rp300.000.000. Dan, retribusi kepelabuhanan yang ditagetkan sebesar Rp100.000.000.

"Kalau untuk parkir hanya sekitar Rp25.000.000, sehingga semua sumber pendapatan ini akan kita maksimalkan," tandasnya.

Sementara itu, ditanyai fasilitas pendukung yang nanti disiapkan dalam penarikan retribusi parkir di beberapa pasar, dirinya mengaku bakal melakukan pengaturan rute parkir.

"Kita tidak perlu bangun bangunan pendukung lainnya lagi, karena di area fasilitas pemerintah, sehingga yang kita siapkan mungkin hanya untuk cek masuk keluar dan pengaturan di dalamnya," pungkasnya.

Komentar

Loading...