poskomalut.com
baner header

Halteng Berpotensi Tambah Dapil

WEDA-PM.com, Jumlah penduduk di Halmahera Tengah (Halteng) meningkat drastis. Hingga kini penduduk Halteng tercatat mencapai 71.433. Ini disampaikan Anggota KPU Halteng, Iswadi Saleh. Penambahan jumlah pendudukan ini karena hadirnya PT IWIP di Halteng.

Menurutnya, peningkatan jumlah penduduk di Halteng menjadi dasar KPU untuk memproyeksikan penambahan daerah pemilihan (dapil).

Penambahan dapil kata Iswadi, ketentuannya berdasarkan undang-undang. Sebab, hingga kini belum ada PKPU terbaru terkait dengan penetapan dan pembagian dapil. Rujukannya lanjut Iswadi, ada pada undang-undang nomor 7 tahun 2017 pasal 189 yang menjelaskan daerah pemilihan dan pembagian kursi.

Iswadi mengungkapkan, untuk saat ini belum masuk ke tahapan pemilu.  Persiapan-persiapan untuk tahapan di 2024 ini juga belum ada putusan yang final baik KPU RI dan Komisi II DPR RI untuk finalisasi penetapan waktu tahapan pemilu 2024.

“Jadi, kalau kita merujuk di undang-udang itu ada pasti ketentuan yang menjelaskan tentang penambahan dapil,” jelas Iswadi belum lama ini.

Penyusunan dapil menurut Iswadi, harus memperhatikan beberapa prinsip. Diantaranya, soal kesetaraan nilai suara, ketaatan pada sistem pemilu yang proporsional, dan integritas wilayah terhadap cakupan wilayah yang sama.

“Nanti secara teknis itu ada di PKPU. Dari prinsip-prinsip itu kita akan melihat terkait dengan penambahan dapil ini. Masyarakat di luar sana sering berpikir pembagian dapil itu tergantung DPT padahal bukan itu tapi ketentuannya dia berbasis jumlah jiwa atau penduduk,”papar Iswadi.

Ia menyatakan, dalam ketentuan, syarat satu dapil itu minimal jumlah kursi 3 dan maksimal 12 kursi. Iswadi memberi contoh, jika satu dapil kemudian bagiannya sudah di atas 12 kursi maka sudah jelas tidak bisa lagi satu dapil.

“Itu sudah harus di mekar menjadi satu dapil lagi,”jelasnya.

Meski demikian, apakah tetap dua dapil atau di mekar menjadi tiga dapil, KPU juga belum bisa memastikan itu. Yang jelas untuk wilayah Weda dengan jumlah jiwa yang ada tidak bisa lagi dipertahankan lagi untuk satu dapil.

“Jumlah penduduk yang ada di Kecamatan Weda sampai Weda Selatan telah mencapai 47.300 jiwa,” terangnya. (msj/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: