poskomalut.com
baner header

Jalin Silaturahmi, Bidang Humas Polda Malut Kunjungi PWI

TERNATE-PM.com, Kabid Humas Polda Maluku Utara (Malut) melakukan kunjungan sekaligus silaturahmi bersama anggota dan pengurus PWI Malut yang berada di Kota Ternate. Dalam kunjungan tersebut Kabid Humas Polda AKBP Adip Rojikan, S.I.K., M.H  di dampingi oleh Kaur Mitra subbid Penmas Bid Humas Polda serta Personel Bid Humas Polda Malut pada Selasa, (03/12/2019) malam.

Kunjungan Kabid Humas Polda Malut beserta jajarannya disambut baik oleh Syahfrudin Ganda (Ketua PWI Malut), Inrico Pattipeiluhu (Wakil Ketua Bidang Pembelaan Wartawan PWI Malut), Basri Nur (Ketua Dewan Kehormatan PWI Malut), H. Pardi (Dewan Penasehat), Adnan Wais (Sekretaris), Sahrudin Nurdin (Wakil Sekretaris1), Faujan A. Pinang (wakil Sekretaris 2) dan Narjo Usman ( Seksi Anggota PWI).

Berdasarkan realase yang diterima poskomalut.com, dalam sambutannya Adip Rojikan sangat berterima kasih kepada Ketua PWI, dan Pengurusnya karena telah bersedia menerima kunjungan Bid Humas Polda Malut ke PWI, dalam rangka silaturahmi dan juga sekaligus membahas beberapa hal terkait peliputan wartawan di Polda Malut. “Merujuk Pada UU nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers bahwa Pers harus memiliki badan hukum,  terkait hal tersebut diharapkan kerja sama dan masukan dari PWI Malut terkait rencana Penertiban Wartawan liputan atau yang meliput di Polda Malut, dikarenakan banyak media yang tidak terkontrol, tidak terverivikasi dan bahkan tidak berbadan Hukum,” ungkapnya.

Untuk itu Polda Maluku Utara, akan melaksanakan penertiban kepada wartawan yang meliput di Polda Malut,  dalam penertiban itu Bid Humas Polda juga tidak bisa berjalan sendiri tanpa bantuan dari Organisasi lain seperti PWI dan Dewan Pers. Sedangkan tahapan yang Polda telah lakukan dalam penertiban wartawan yaitu dengan meminta kepada wartawan yang akan meliput ke Humas Polda Maluku Utara atau Polda Malut yaitu dengan surat tugas dari Pimpinan Redaksi Media. ” Tentunya Penertiban ini tidak bisa dilakukan sekaligus,  akan tetapi akan dilaksanakan bertahap sampai pada hasil akhirnya nanti Wartawan di Maluku Utara ini adalah Wartawan yang sudah melaksanakan UKW semua”, terangnya.

Menanggapi niat baik yang dilakukan oleh Bid Humas Polda Malut, Ketua PWI Syahfrudin Ganda sangat mendukung penertiban wartawan yang akan meliput pada wilayah Polda, karena mengingat juga banyak Wartawan yang mengaku dari Media, namun Media Tersebut Belum terverivikasi Oleh Dewan Pers dan bahkan wartawan tersebut belum UKW. Dirinya juga  berharap, Polda Malut bisa Menjaring Wartawan yang sudah UKW dan yang Belum untuk Ketertiban Wartawan pada saat lakukan peliputan di polda. ” Apabila ada Wartawan yang memintai konfirmasi ke Bid Humas Polda Malut, Kabid Humas berhak menanyakan wartawan tersebut sudah UKW atau belum dan apabila belum UKW,  Narasumber berhak menolak memberikan Informasi. Dari PWI di rencanakan akan melaksanakan UKW di Bulan Desember ini dan kalau pun bisa nanti kami akan berkerjasama dengan Polda Maluku Utara,” pungkasnya. (Cr01/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: