poskomalut.com
baner header

KAMADA Malut Gelar Semnas Menuju Revolusi Industri 4.0 di Ternate

TERNATE-PM.com, Keluarga Alumni Universitas Ahmad Dahlan (KAMADA) Maluku Utara (Malut) untuk pertama kalinya menggelar Seminar Nasional dengan tema ‘Pengembangan Perguruan Tinggi Menuju Revolusi Industri 4.0 Antara Ancaman dan Peluang’ , yang digelar pada Sabtu, (23/11/2019) di Bal room Muara Hotel.

Untuk menunjang materi terkait tema yang digagas oleh KAMADA, pihak panitia berhasil mendatangkan pemateri dari luar Kota Ternate diantaranya, Mantan Rektor Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta,  Dr. Kasiyarno, M.Hum,  Ketua Pendidikan Profesi Guru (PPG) Unkhair Ternate, Dr. Syahril Muhammad, M.Hum, Rektor UMMU Ternate Dr. Syaiful Deni, M.Si dan Wakil Rektor III UAD, Hendi Ristiono, S.Farm., MPH., Apt, yang sekaligus membuka kegiatan seminar tersebut.

Kegiatan tersebut diikuti oleh Masyarakat Umum, Mahasiswa, dan Alumni UAD yang berada di kota Ternate. Dalam sambutannya Awaludin Rizal.,.S. Pd., M. Pd. BI , selaku Ketua Panitia mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan merupakan sesuatu hal penting, karena perubahan dulu dengan sekarang yang telah masuk era revolusi 4.0 dimana tekhnologi informasi menjadi basis dalam kehidupan manusia. Perkembangan Ilmu pengetahuan dan Tekhnologi yang sangat pesat akan memberikan dampak yang besar pada manusia,  dimana banyak kemudahan dan inovasi yang diperoleh dengan adanya dukungan tekhnologi digital yang akan menjadi layanan lebih cepat dan evesien dengan sistem online. “Ini akan menjadi suatu dampak negativ terhadap manusia, dimana peran manusia akan direbut oleh mesin otomatis dan mengakibatkan lonjakan pengangguran. Hal ini tentu akan menambah beban masalah lokal maupun nasional,” terangnya.

Rizal menambahkan, untuk memanfaatkan peluang dan menjawab tantangan revolusi 4.0, diperlukan kemampuan khusus seperti Literasi data oleh manusia dalam mengolah dan menganalisi data yang ada. “Pemangku kepentingan maupun stakholder wajib memiliki kemampuan mengelolah Literasi Data, Tekhnologi dan Literasi Manusia. Hal ini harus dilakukan agar bisa berkolaborasi, adaktif dan menjadi arif di era banjir informasi,” harapnya.

Rizal sangat mengapresiasi kinerja dan semangat panitia beserta Almumni dan pihak-pihak yang terlibat untuk menyukseskan kegiatan tersebut. ” Terima kasih banyak kepada Alumni UAD, Panitia, seluruh donatur dan pihak-pihak yang telah berpartisipasi dan bekerja keras untuk bersama-sama menyukseskan kegiatan seminar ini,” tutupnya. (cr01/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: