poskomalut.com
baner header

Kelurahan Rua Ternate Persiapkan Diri Hadapi Lomba PKK

TERNATE-PM.com,  Kelurahan Rua kecamatan Ternate Pulau Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara (Malut) akan mengikuti lomba Pokok Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), yang direncanakan pada Februari 2020.

Kepala kelurahan Rua Ma’ruf M Saleh mengatakan, saat ini masyarakat dan pemerintah kelurahan sudah melakukan persiapan tahap demi tahap. Kesiapan yang telah dilakukan adalah 10 program pokok PKK yang sudah mulai jalan baik administrasi, Pencegahan KDRT, Pelaksanaan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K), Pelaksanaan PHBS, Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga, Posyandu dan lain sebagainya.

Pembangunan pagar beton dimasing-masing rumah pun sementara ini sudah berjalan, sisa pemanfaatan pekarangan dan simai bibit di polybag. Meskipun begitu, Maruf mengaku dirinya merasa sedikit rumit untuk  lomba pemanfaatan pekarangan dalam hal ini penyamaian bibit.

Menurut Maruf, mengenai pemanfaatan pekarangan strateginya lebih mengarah kepada dapur hidup dan apotik hidup. Pemanfaatan pekarangan dengan tanaman produktif seperti tanaman hortikultura (tanaman buah-buahan, sayur-sayuran dan tanaman hias), dan  rempah-rempah, serta obat-obatan tanaman herbal yang biasa ditanam sebagai apotik hidup antara lain jahe, kencur, kunyit, laos, temulawak, dan tanaman herbal lain, yang biasa dimanfaatkan sebagai obat. Seperti sereh, seledri, kumis kucing, daun afrika, akar wangi, bayam dan daun kemangi yang juga berguna untuk menjadi obat herbal. 

Maruf menambahkan, kebetulan pemerintah Kecamatan Ternate Pulau juga beberapa hari kemarin telah melakukan pelantikan pengurus PKK termasuk Kelurahan Rua, mungkin setelah ini akan diadakan rapat untuk membahas beberapa kegiatan yang masih tersisa guna melakukan kesiapan. “insya’Allah bisa berjalan baik sampai tiba pada pelaksanaan lomba,” ujarnya Selasa (3/12/2019), seraya berharap, ada dukungan dari masyarakat serta peran  stakeholder pengambil kebijakan. (cr01/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: