Longsor Akibat Curah Hujan Tinggi, Akses Maba Utara Terputus

Akses jalan di Gunung Jagung terputus total akibat longsor.

MABA-pm.com, Tingginya intensitas hujan di Halmahera Timur sepekan terakhir menyebabkan sejumlah ruas jalan mengalami longsor.

Akibatnya, jalan yang menghubungkan wilayah Kecamatan Maba Tengah-Maba Utara lumpu total, tidak dapat diakses warga saat ini.

Kepala BPBD Haltim, Darso Gajal kepasa media ini mengatakan, di Maba Utara, longsor terjadi di dua titik yaini Gunung Jagung dan daerah dekat Desa Lolasita.

"Ini disebabkan tingginya intensitas hujan beberapa hari terakhir," jelas Darso di temui di Kantot Bupati, kamis (20/06/2024).

Kata dia, untuk langkah prefentif saat ini, pihaknya telah berkordinasi dengan dinas PUPR Haltim yang sedang melakukan pekerjaan di wilayah Maba Utara untuk penanganan pada titik longsor.

"Kami berharap agar akses segera dibuka kembali, sehingga memudahkan masyarakat untuk melakukan aktifitas seperti sediakala," harapnya.

Mantan Sekreetrais Dinas Pendidikan Haltim itu juga mengimbau kepada waga masyarakat agar terus meningkatkan kewaspadaan saat bepergian terutama di musim hujan saat ini.

"Karena wilayah kami memang sangat rawan longsor terutama saat musim penghujan seperti yang terjadi saat ini," ucap Darso.

Ditanyai kepastian akses tersebut bisa dilalui kembali warga, dirinya mengaku pihaknya mengupayakan secepatnya.

"Kami berupaya agar akses tersebut cepat dilakukan perbaikan, agar warga dapat kembali menggunakan akses jalan yang ada," pungkasnya.

Komentar

Loading...