Maba Utara Jadi Lokasi TMMD 2024

Dandim 1505 Tidore, Letkol Kav Calter Purba ST.

MABA-pm.com, Dandim 1505/Tidore berkoordinasi bersama Pemerintah Kabupaten Halmahera Timur (Haltim), Maluku Utara terkait kesiapan pelaksanaan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-44 tahun 2024 di kecamata Maba Utara.

Rapat tersebut berlangsung di ruang rapat Kantor Bupati Haltim, Rabu (06/12/2023).

"Jadi kita sudah melakukan rapat untuk melihat kesiapan sekaligus mengevaluasi TMMD yang sekarang," ungkap Dandim 1505/Tidore, Letkol Kav Calter Purba ST saat ditemui awak media usai rapat.

Kata dia, TMMD merupakan agenda rutin tahunan TNI Angkatan Darat secara nasional, di mana Kodim 1505/Tidore tahun ini difokuskan di wilayah Halmahera Timur.

"Untuk tahun 2023 kita laksanakan di Tidore Kepulauan dan untuk 2024 kita laksanakan di Haltim, karena kodim 1505/Tidore membawahi Tidore dan Haltim sehingga kita laksanakan bergantian," terangnya.

Dikatakan, sasaran TMMD tersebut dalam rangka membantu pemerintah daerah dan swasta untuk pembangunan di wilayah jauh dan sulit dijangkau.

"Sehingga kami kodim 1505/Tidore ingin mengatasi kesulitan masyarakat yang ada terutama pembagunan di desa, sehingga mereka juga bisa merasakan pembagunan yang ada," ujar Dandim.

Dandim menambahkan, bahwa TMD akan melibatkan 150 personil TNI Angkatan Darat, ditambah pihak kepolisian, Satpol PP dan masyarakat di Maba Utara.

"Untuk penganggaran berasal dari APBD Haltim meliputi pembangunan fisik, sedangkan untuk penganggaran berupa honorium dan operasional ditangung Mabes TNI," ucapnya.

Sementara, dalam TMMD yang direncanakan pada awal 2024 akan menyasar sejumlah kebutuhan masyarakat, terutama jembatan penghubung antar desa dan juga air bersih serta kegiatan lainnya.

"Kita masih melakukan penyesuaian penyesuaian terutama kegiatan fisik dan anggaran yang ada,"ungkapnya.

Komentar

Loading...