Pemanfaatan Pelabuhan Bicoli Terus Dimaksimalkan

Pelabuhan Bicoli, Halmahera Timur.

MABA-pm.com, Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Buli, Kementrian Perhubungan, Dinas Perhubungan dan beberapa OPD, menggelar Focus Group Discussion (FGD) untuk mengembangkan pelabuhan.

Kepala Dinas Perhubungan Haltim, Dwi Cahyo mengatakan FGD yang berlangsung di Sahid Bela, Ternate itu untuk meningkatkan pemanfaatan Pelabuhan Bicoli di Maba Selatan, Halmahera Timur dengan melibatkan beberapa dinas teknis.

"Ini menjadi satu hal yang baik bagi daerah, agar ke depan Pelabuhan Bicoli ini lebih dapat dimanfaatkan," ujar Dwi, Senin (15/9/2023).

Lanjut Dwi, Pelabuhan Bicoli akan dimaksimalkan dan dioptimalkan. Paling tidak dari bangunan jembatan yang sudah ada saat ini, sehingga akan  dikembangkan menjadi lebih baik.

"Untuk itu dalam rapat FGD, intinya demi mengoptimalkan Pelabuhan Bicoli, sehingga dapat meningkatkan perekonomian di wilaya tersebut," tuturnya.

Dwi menambahkan, pihaknya berupaya maksimal, karena dalam tata ruang telah ditetapkan sebagai pelabuhan pengumpan regional.

"Pelabuhan pengumpan regional itu yang akan menjadi pengembangan ekonomi melalui pendestribusian barang dari berbagai daerah ke Bicoli," ucapnya.

"Harapanya, bisa memberikan kemudahan bagi masyarakat dan pengusaha. Karena dengan adanya penigkatan pelabuhan tersebut, maka hasil pendistribusian perkebunan, pertanian dan perikanan ditambah lagi mobilisasi masyarakat yang lancar akan dapat memberi manfaat yang baik," sambungnya.

Komentar

Loading...