Pemda Haltim Bentuk Tim Penanganan Hewan Ternak

Hewan ternak yang biasanya berkeliaran di taman Kota Maba.

MABA-pm.com, Berkelianya hewan ternak di Kota Maba membuat sebagian masyarakat resah. Hewan ternak yang berkeliaran juga merusak taman-taman di Kota Maba.

Menagapi hal tersebut, Pemerintah Daerah melalui Dinas Pertanian dan Peternakan Halmahera Timur (Haltim) dalam waktu dekat akan membentuk tim penanganan hewan ternak yang berkeliaran.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Haltim, Din Adjision mengatakan saat ini pihaknya menyusun peraturan atau instruksi bupati sebagai payung hukum untuk menindak hewan yang berkeliaran, sekaligus membentuk tim penanganan.

"Kalau sudah keluar instruksi bupati maka pastinya akan kami tindak hewan yang berkeliaran di area perkotaan, di tiga desa yakni Sangaji, Soagimalaha dan Desa Tewil," ujarnya, saat dikonfirmasi, Senin (20/3/2023).

Sebelum penidakan, pihaknya lebih dulu melayangkan surat ke pemilik peternak agar menertibkan hewan ternak mereka.

“Apabila surat teguran tersebut tidak dindahkan, maka langsung dieksekusi di lapangan mengunakan senjata bius," tandasnya.

Dirinya menambahkan, sebelum gelaran STQ, dipastikan seluruh hewan ternak yang berkeliaran sudah ditertibkan mengunakan senjata bius.

“Dan yang paling urgen itu kesadaran peternak hewan mereka," pungkasnya.

Komentar

Loading...