Presiden Batal ke Haltim, Operasi Pabrik Feronikel dan Baterai Diragukan

Presiden Joko Widodo menyapa masyarakat usai membagikan BLT di Pasar Hiegenis Bahari Berkesan Ternate, Maluku Utara, Rabu (28/9/2022). Foto Rifki-Halmaheranesia.

MABA-pm.com, Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) mengungkapkan rasa kecewa atas pembatalan kunjungan kerja Presiden Joko Widodo.

Sebelumnya rilis agenda lawatan Presiden di Maluku Utara selain menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada masyarakat, 01 RI dijadwalkan mengunjungi Halmahera Timur untuk meninjau perkembangan pabrik feronikel, baterai dan pasar Buli.

"Sebagai bentuk intervensi negara dalam percepatan pembangunan di Halmahera Timur, seharusnya Presiden meninjau langsung tempat pabrik yang telah dibangun, sehingga masyarakat juga tahu kondisinya seperti apa," ungkap Ketua DPD KNPI Haltim, Ifdal Rajak, Rabu (28/09/2022).

Ia mengatakan, Halmahera Timur saat ini menjadi salah satu daerah tujuan investasi pabrik baterai dan pabrik feronikel dengan jumlah nilai investasi sangat besar.

"Masyarakat Maluku Utara lebih khususnya Haltim berharap Presiden melakukan kunjungan untuk memberikan kepastian terkait berjalan atau tidaknya dua pabrik besar ini," ujarnya.

Ifdal mengaku ragu operasi pabrik feronikel dan baterai tidak berjalan dengan baik, signalnya kepastiannya sangat melemah.

"KNPI akan menggelar aksi menuntut Presiden harus me-reschedulle kunjungan khusus ke Haltim di bulan depan," pungkasnya.

Komentar

Loading...