poskomalut.com
baner header

Puskesmas Bahari Berkesan Temukan 8 Penderita Kusta

TERNATE-PM.com, Sejak tahun lalu hingga kini, Puskesmas Bahari Berkesan di Kelurahan Sango, Kecamatan Ternate Utara menemukan delapan kasus penderita kusta. Ini ditemukan dilima wilayah kerjanya, yakni Kelurahan Tubo, Kelurahan Tafure, Kelurahan Tabam, Kelurahan Sango, dan Kelurahan Tarau.

Pengelolah penyakit Kusta, Oktriya Amd. Kep pada Posko Malut, Selasa (05/11) mengatakan, lima penderita kusta yang ditemukan tahun lalu, kini dalam proses pengobatan akhir. “Kalau ada temuan tanda dan gejala seperti penyakit kusta, kami akan melakukan pemeriksaan bercak dan laboratorium, apabila hasilnya positif kami langsung berikan pengobatan,” ungkapnya.

Menurutnya, bukan hanya kegiatan pelacakan yang dilakukan setiap tahun, tetapi ada juga kegiatan survei kontak pasien serumah dan lingkungan, pemantauan minum obat (PMO) pada pasien.

“Kasus baru yang  kami temukan di tahun ini, telah  mendapatkan pengobatan. Adapun  tanda dan Gejala penyakit kusta yaitu adanya bercak putih, kemerahan dan mati rasa.kusta juga merupakan penyakit menular, dan bisa sampai menimbulkan  kecacatan bila seseorang tidak mendapatkan pengobatan atau minum obat”, ujarnya.
Dia menambahkan, kami juga melakukan koordinasi serta  kerjasama lintas sektor kelurahan dan masyarakat apabila temuan gejala penyakit tersebut, diharapkan segera dikomunikasikan sehingga secepatnya ditangani.

“Harapan  kami petugas kesehtan agar sama2 dapat menurunkn angka penularan penyakit dengan kenali tanda dan gejala penyakit kusta. Kusta bukan penyakit kutukan. Tidak perlu malu dan takut karena kusta dapat disembuhkan,” harapnya. (wm-01/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: