Pusling Loloda ‘Bakarat’ di Lingkungan Rumah Sekda Halbar

DPRD Halbar Minta Segera Aktifkan Kembali Armada Pusling

JAILOLO-PM.com, Bantuan Puskesmas keliling (Pusling), dari Pemerintah pusat (Pempus) ke Dinas Kesehatan (Dinkes) Halbar, Provinsi Malut, yang diperuntukkan untuk Puskesmas Kecamatan Loloda, sejak tahun 2015-2016 berpotensi 'bakarat' di lingkungan villa Gaba Desa Guemmadu, Kecamatan Jailolo, atau dekat rumah Sekertaris daerah (Sekda) Halmahera Barat.

Pasalnya, dari ASN lingkup Pemkab, armada Pusling tidak bisa beroperasi di perairan wilayah Loloda, kurang lebih terhitung tiga tahun lalu, disebabkan Puskesmas Loloda tak mampu membiayai operasional berupa Bahan Bakar Minyak (BBM) yang menelan anggaran mencapai Rp. 100 juta lebih setiap satu tahun.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Rosfinje Kalinget, ketika wartawan mendatangi kantornya tidak berada ditempat. Begitu juga saat dikonfirmasi via aplikasi WhatsApp Kadinkes enggan menyikapi sekalipun telah membaca pesan telah kirim bahkan via telepon pun tidak digubris.

Sementara anggota DPRD Halbar, Asdian Taluke yang berdomisili pada dapil III (tiga) Kecamatan Loloda dan Kecamatan Ibu, Selasa (04/02/2020), mengaku, armada Pusling ini tidak hanya terbatas pada pengobatan. Tetapi juga kegiatan lain yang berhubungan dengan kesehatan. Di antaranya penyuluhan, Posyandu, maupun kejadian Bencana Alam.

"Sistem armada Pusling, yakni menjemput bola, tidak menunggu karena sebagai bentuk peningkatan pelayanan. Harus secepatnya di kembalikan ke Loloda, karena Pusling yang butuhkan Loloda," tegasnya tadi.

Padahal, Asdian menggaku, keberadaan armada Puskesmas Keliling diharapkan mampu membantu pelayanan kesehatan terhadap masyarakat. "Saya berharap dengan adanya kegiatan Pusling ini dapat membantu pelayanan Puskesmas."tendasnya.(lan/red)

Komentar

Loading...