poskomalut.com
baner header

Rencana Pengamanan Natal dan Tahun Baru, Polda akan Gelar Rakor

TERNATE-PM.com, Dalam rangka kesiapan pengamanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menggelar rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral dengan tema ‘Pengamanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 Untuk Meningkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat’. Kapolda Maluku Utara (Malut), Brigjen Pol. Drs. Suroto, M.Si. bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah beserta Stakeholder, mengikuti Rakor tersebut melalui Video Conference yang bertempat di Rupattama Polda Malut pada Jum’at, (13/12/2019).

Berdasarkan relase yang diterima poskomalut.com, video Conference tersebut dipimpin langsung oleh Menkopolhukam RI, Prof.Dr. Mohammad Mahfud MD., S.H., S.U., M.I.P. di Auditorium STIK Jakarta yang dihadiri oleh Panglima TNI,  Kapolri,  Menhub, Menpupera,  Menkes Dirjen Pelayanan Kesehatan,  Menparekraf,  Kepala BMKG,  Kepala Basarnas,  Dirut Pertamina,  Dirut Jasamarga,  Dirut PT. KAI,  Sestama BNBP dengan peserta seluruh Polda dan Forkopimda Provinsi beserta Stakeholder Se-Indonesia.

Dalam kegiatan tersebut, Polda Malut menghadirkan Forkopimda Malut serta Stakeholder terkait yakni Kabinda,  Kasrem 152/Babullah, Kakanwil Kemenag Malut serta Pejabat instansi terkait lainnya. Menkopolhukam RI Prof. Dr. Mohammad Mahfud MD,  S.H., S.U., M.I.P. menyampaikan, mereka juga akan menggelar Rapat Koordinasi secara menyeluruh pada tingkat pusat sampai daerah untuk membahas peningkatan ancaman menjelang perayaan Natal dan tahun baru, guna mengetahui sinergitas mereka untuk menanggulangi kerawanan yang terjadi. “Penanganan ini wajib dilaksanakan untuk menjamin pelaksanaan Ibadah Natal dan pergantian tahun baru agar berjalan dengan baik”, ucap Menkopolhukam RI.

Dalam kesempatan yang sama,  Kapolri Jenderal Polisi Drs. Idham Aziz,  M.Si. mengatakan,  Kepolisian Negara Republik Indonesia akan menggelar Operasi Terpusat dalam rangka Pengamanan Natal dan tahun baru dengan sandi ‘OPERASI LILIN’ yang berlangsung selama 10 hari dimulai pada tanggal 19 Desember 2019, yang melibatkan personel pengamanan dari Polri, TNI, Satpol PP,  Dishub,  Dinkes, Setkom,  Damkar,  Linmas,  Pramuka serta instansi lain. Dalam menjaga situasi Kamtibmas,  Polri telah melaksanakan Operasi Zebra, Operasi Cipta Kondisi serta upaya lain yaitu pengecekan jalur trans Jawa untuk mengetahui titik rawan kecelakaan. “Kita akan mengoptimalkan pelayanan masyarakat serta telah membentuk satgas yaitu Satgas Bencana alam,  Satgas Pangan,  dan Satgas BBM. Pada prinsipnya Polri dengan dukungan TNI dan instansi lainnya siap menyukseskan pengamanan Natal dan Tahun baru 2020”,  tutur Jenderal Polisi. Drs. Idham Azis, M.Si.

Selain itu, Polda Malut juga akan melaksanakan ‘Rapat Koordinasi’ antar instansi dalam rangka menyusun rencana Pengamanan Natal dan Tahun Baru pada Selasa, 17 Desember 2019. “Dimohon kepada masing-masing Kepala Dinas dan Kepala Kantor agar menyiapkan bahan serta kendala yang dihadapi, sehingga kita dapat memikirkan solusi yang baik demi kelancaran Pengamanan Natal dan tahun baru”, jelas Kapolda Malut, Brigjen Pol. Drs. Suroto, M.Si. (cr01/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: