poskomalut.com
baner header

Rumah Ludes Terbakar, Dr Ridha Azham Ikut Terluka

TERNATE-PM.com, Telah terjadi kebakaran di RT 006/ RW 04 , Kelurahan Gambesi, Kecamatan Ternate Selatan, yang menghanguskan sebuah rumah berlantai dua, Milik Dosen Fakuktas Ilmu Budaya Unkhair Dr Ridha Azham. Kebakaran tersebut terjadi pada Sabtu, (30/11/2019) sekitar pukul 13:15, dan menghabisi seluruh barang yang berada di dalam rumah tersebut.
Kebakaran ini juga mengakibatkan pemilik rumah mengalami luka bakar pada bagian tangan kanan dan pundak belakang, dan langsung dilarikan ke puskesmas Jambula untuk mendapatkan pertolongan pertama, sedangkan sebagian barang-barang yang berada di lantai 2 telah dilahap habis oleh sijago merah. Dugaan sementara yang menjadi pemicu kebakaran berasal dari kompor hock besar di dalam dapur yang dipakai setelah memasak. Kerugian juga sementara belum bisa dipastikan namun dari pantauan diperikan sekitar puluhan juta.
Kepada poskomalut.com , salah satu saksi mata, Haja Nuriati Sida (54) yang berada dilokasi ketika terjadi kebakaran mengatakan, sebelumnya terdengar bunyi ledakan yang sumbernya berasal dari salah satu ruangan pada bangunan rumah tersebut. Sebelum petugas Pemadam Kebakaran tiba di lokasi, masyarakat setempat telah mencoba memadamkan api dengan menggunakan peralatan seadanya. Api yang semakin besar dan cepat merambat ke lantai dua bangunan rumah, membuat masyarakat tidak dapat memadamkan api tersebut dikarenakan kondisi angin yang saat itu juga berhembus kencang. “Saya dengar ledakan dari dalam rumah itu, pas saya keluar api sudah semakin besar. Warga yang lihat api sudah besar kemudian dorang coba kasih mati dengan air, dorang timba air di sumur-sumur yang ada karena pas kebakaran langsung lampu mati jadi tara bisa pakai mesin pompa air yg ada di sumur”, ungkapnya.
Pemadam yang tiba kurang lebih 15 menit dilokasi setelah kebakaran langsung bergerak cepat untuk lakukan proses pemadaman. Api yang semakin besar akibat kencangnya tiupan angin membuat petugas sedikit kewalahan saat lakukan pemadaman. Sijago merah baru bisa dipadamkan kurang lebih 30 menit setelah Damkar menurunkan lima buah mobil pemadam di lokasi.


Kepala Bidang (Kabid) Ops Damkar Ternate, Naim Safar yang berada dilokasi kepada poskomalut.com mengatakan, setelah menerima laporan kebakaran dari masyarakat langsung petugas Damkar dikerahkan ke lokasi kebakaran dengan menurunkan lima unit mobil pemadam. ” Informasi yang kita terima sekitar jam 13:45 , kita bergerak sekitar 15 menit menuju lokasi kebakaran karena di jalan macet dan jarak dari Kantor Damkar di BTN ke Gambesi yang cukup jauh. Warga yang ada dilokasi juga sebelumnya telah mencoba memadamkan api tersebut dan berupaya agar api tidak merambat kerumah lain,” ungkapnya.


Dari upaya yang telah dilakukan warga, Naim Safar sangat berterima kasih dan mengapresiasi tindakan yang dilakukan oleh masyarakat Gambesi. ” Terima kasih juga untuk warga masyarakat Gambesi yang sudah mengantisipasi untuk membantu agar tidak meluasnya kebakaran ini sebelum petugas Damkar tiba di lokasi. Kami juga menurunkan lima unit mobil damkar dan karna api berhasil dia kuasai sekitar 30 menit kemudian. Waktu kita datang sementara warga sudah mengevakuasi sebagian benda berharga yang berada di dalam rumah sebelum dilahap sebelum dilahap oleh sijago merah,” ujarnya.

Pemadam kebakaran mencoba memadamkan api
Kondisi Rumah pasca kebakaran

Pasca kebakaran ini, Naim Safar menghimbau kepada masyarakat agar selalu berhati-hati dan lebih teliti ketika sedang melakukan aktivitas didalam dapur. ” Masyarakat harus selalu berhati-hati dan cros chek kembali apakah kompor yang dilakukan untuk memasak ini sudah padam atau belum itu harus di cross chek. Musibah kebakaran ini kan kita tidak bisa mengetahui kapan saja bisa terjadi,” tutupnya. (Cr01-red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: