poskomalut.com
baner header

Wali Kota akan Tindaklanjuti Usulan DPRD Soal Kelola PAD

TERNATE-PM.com, Setelah mencermati substansi materi pandangan umum 8 fraksi DPRD Kota Ternate terhadap nota keuangan dan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) tahun 2020, Wali kota Ternate, Jumat (8/11/2019) memberikan tanggapan jawabannya.

Menurut Wali kota Ternate, Burhan Abdurahman , pemerintah kota ke depan akan membuat terobosan dalam mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD). Antara lain pemuktahiran database sumber-sumber pendapatan daearah, perubahan prosedur dan mekanisme pembayaran pajak dan retribusi berbasis non tunai melalui aplikasi online perbankan.

Selain itu, wali kota juga menegaskan akan meningkatkan Sumber Daya manusia (SDM)  aparatur Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pengelola pendapatan , termasuk menindaklanjuti rekomendasi DPRD terkait evaluasi pejabat pengelola PAD.Namun itu kata walikota, tentunya dilakukan secara objektif dan menunggu momentum yang tepat. “Kami yakin dan percaya dengan selesainya infrastruktur jasa dan perdagangan seperti Plaza Gamalama moderen maupun sejumlah infrastruktur jasa lainnya akan berdampak pada peningkatan pendapatan,” ucap Walikota.

Sedangkan terkait penurunan retribusi daerah,  disebabkan karena retribusi pemakaian kekayaan memiliki item penerimaan sangat beragam  sehingga selalu mengalami fluktuatif dalam penerimaan.

Disamping itu, kata dia, penerapan target retribusi khusus pada beberapa jenis kekayaan daerah terlalu tinggi pada tahun 2019. Oleh sebab itu ke depan perlu dilakukan rasionalisasi sesuai kondisi riil di lapangan. (BeB)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: