Pemkot Tidore Ikut Pelatihan Policy Brief

TIDORE-pm.com, Pemerintah Kota Tidore Kepulauan mengikuti kelas intensif Tempo Institute terkait pelatihan menulis policy brief : mendorong kebijakan berbasis bukti.

Kegiatan ini berlangsung pada Selasa-Kamis, 14-16 Maret 2023 di Lantai 8 Gedung Tempo Institute, Jakarta.

Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan, Ismail Dukomalamo mengatakan dalam mengelola pemerintah daerah ke depan, pengambilan kebijakan daerah harus berbasis pengetahuan dan bukti (science and evidence based policy).

“Karena itu, saya menugaskan beberapa aparatur daerah di tubuh Pemkot Tidore Kepulauan untuk belajar di Tempo Institute selama beberapa hari ini, tandas Ismail.

Ismail mengatakan melalui pelatihan ini, pemerintah berharap adanya peningkatan kapasitas aparatur kami terutama untuk lebih memaksimalkan supporting kebijakan kepala daerah berbasis bukti.

Sementara itu, Kepala Bapelitbang Kota Tidore Kepulauan, Abdul Rasid Fabanyo menambahkan pelatihan ini sejalan dengan fungsi kelitbangan di daerah. Ini bagian dari tugas kami di bidang penelitian dan pengembangan yang sebentar lagi akan bertransformasi menjadi bidang riset dan inovasi daerah, implementasi dari kebijakan pembentukan BRIDA.

Rasid juga mengatakan tahun ini, kegiatan dilaksanakan secara kolaborasi dengan melibatkan beberapa OPD.

"Kami mendorong pelatihan policy brief secara kolaborasi untuk kepentingan daerah kedepannya,” tandasnya.

Sebagaimana diketahui, materi pelatihan ini mencakup latihan menyunting kalimat efektif, teknik mengemas data secara menarik, teknik menulis policy brief dan praktik membuat infografis pendukung policy brief.

Beberapa pengajar dan mentor ternama akan mengisi pelatihan ini seperti Philipus Parera, Direktur Tempo Data Sains, Uksu Suhardi, Redaktur Bahasa Tempo, Yosep Suprayogi, Kepala Pengembangan Teras.ID dan Rudi Asrori, Desainer Grafis senior Tempo.

Komentar

Loading...