Bawaslu Haltim Warning KPU Loloskan Anggota Parpol Ikut Tes PPS

Ketua Bawaslu Haltim, Suratman Kadir.

MABA-pm.com, Demi menjaga pelaksanaan Pemilu yang jujur, transparan dan akuntabel, Bawaslu Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) Maluku Utara, meminta agar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Haltim tidak menetapkan calon Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang masuk dalam kepengurusan anggota Partai Politik (Parpol).

Ketua Bawaslu Haltim, Suratman Kadir mengatakan, dalam pelaksanaan seleksi calon PPS sesuai hasil pengawasan terhadap ditemukan sejumlah nama yang menjadi keanggotaan partai politik yang termuat dalam Sipol.

“Sampai saat baru ditemukan di tiga kecamtan, yakni Wasile Utara, Wasile Tengah dan Kecamatan Wasile Timur, yang mana ada calon PPS namanya masih terdaftar dalam Sipol, atau masuk dalam pengurus Parpol,” katanya, Sabtu (7/1/2023) kemarin.

Sehingga itu, Suratman meminta agar KPU dalam menetapkan PPS terpilih dapat memperhatikan asas netralitas penyelenggara Pemilu.

"Kami meminta kepada KPU agar tidak merekrut PPS yang masuk dalam kepengurusan maupun keanggotaan partai politik demi menjaga pelaksanaan pemilu yang jujur, transparan dan akuntabel,” pungkasnya.

Komentar

Loading...