poskomalut.com
baner header

Iswan Hasjim Kantongi Rekomendasi PAN

TERNATE-PM.com, Langkah Iswan Hasjim untuk ikut berkontestasi di pemilihan Wali Kota (Pilwako) Ternate 2020 nanti semakin terbuka lebar. Kepastian ini setelah DPP Partai Amanat Nasional (PAN) secara resmi memberikan rekomendasi kepada Wakil Bupati Halmahera Selatan (Halsel) ini untuk menggunakan partai berlambang matahari di kontestasi pilwako 2020.

Keputusan ini tertuang dalam surat rekomendasi DPP PAN bernomor 09/PILKADA/IX/2019. Surat rekomendasi tertanggal 12 September 2019 ini menyebutkan beberapa point. Di antaranya sesuai peraturan partai nomor 3 tahun 2015 tentang pemenangan pemilihan kepala daerah /wakil kepala daerah  PAN.

Surat keputusan DPP PAN Nomor : PAN/a/Kps/KU-SJ/102/VII-2019 pada tanggal 31 Juli 2019 tentang Pilkada 2020. Surat DPW PAN Provinsi Maluku Utara nomor. PAN/A/27/K-5/048/VIII-2019, pada tanggal 27 Agustus 2019.

Hasil verifikasi, validasi dan akurasi serta menilai hasil lembaga survey independen untuk pemenang pikada 2020. Maka, tim pilkada pusat DPP PAN menyetujui dan merekomendasikan Iswan Hasjim sebagai calon Wali Kota Ternate 2020.

Dalam surat tim pilkada pusat DPP PAN ini juga memerintahkan kepada Iswan Hasjim untuk mencari pasangan calon Wakil Walikota Ternate. Mendaptkan koalisi partai lain untuk memenuhi persyaratan pencalonan di pilkada 2020 dan intens melakukan komunikasi internal dengan DPW, DPD, DPC dan DPRt PAN untuk konsolidasi pemenangan dan menggerakan mesin partai.

Setelah DPP PAN rekomendasi ke Iswan Hasjim, DPW PAN Provinsi Maluku Utara langsung melakukan serah terima rekomendasi ke Iswan Hasjim sebagai bakal calon wali Kota Ternate. Penyerahan rekomendasi ini dilakukan di Sekretariat DPW PAN Malut, Minggu (15/09/2019), diserahkan langsung Sekretaris DPW PAN, Jamrud Wahab didampingi Ketua DPD PAN Kota Ternate, Yunus serta beberapa pengurus PAN.

Jamrud usai menyerahkan rekomendasi ke Iswan Hasjim mengatakan, di Pilkada serentak 2020 yang akan dilaksankan di delapan Kabupaten Kota se Provinsi Maluku Utara ini, DPP PAN baru mengeluarkan dua rekomendasi, yakni rekomendasi bakal calon untuk Pilwako Ternate dan Pilkada Halbar. “Baru dua yang keluar, yakni Kota Ternate dan Halmahera Barat. Sementara enam Kabupaten Kota lainnya masih dalam tahapan pembahasan ditingkat DPP PAN,” ungkapnya.

Lanjutnya, untuk Kota Ternate, DPP PAN memberikan rekomendasi ke Iswan Hasjim sebagai bakal Calon Wali Kota Ternate. Sementara untuk Kabupaten Halmahera Barat diberikan kepada Dany Missy. “Baru dua, yakni Pak Iswan di Ternate dan Pak Dany di di Halbar,” ucapnya.

Jamrud menegaskan, keputusan DPP PAN bersifat final yang mengikat semua kader partai, sehingga setiap kader wajib tunduk dan patuh pada putusan partai. Jika ada kader yang membuang opini-opini liar, maka partai akan mengambil langkah tegas. Bahkan sampai pada pemecatan. “Keputusan DPP merupakan kehormatan partai, sehingga semua kader wajib ikut. Jika ada kader yang berspekulasi terkait ada calon A atau B, maka konsekuensinya akan dipecat,” tegas Jamrud. Tugas kader PAN saat ini dalah melakukan konsolidasi untuk kemenangan calon yang diusung PAN di Pilwako 2020. “Tugas kita sekarang adalah melakukan konsolidasi untuk kemenangan Iswan Hasjim,” sebut Jamrud. 

Terkait dengan pasangan Iswan Hasjim di Pilwako nantoi, Jamrud menyebutkan, DPP memberikan kuasa sepenuhnya kepada bakal Wali Kota Ternate untuk menentukan siapa wakil yang akan mendapinginya dikontestasi Pilwako 2020 nanti. Tugas PAN hanya memberikan masukan kepada Iswan Hasjim, karena wakil juga menjadi penentu untuk mendulang suara. “DPP menyerahkan sepenuhnya kepada Iswan Hasjim untuk menentukan Wakil. Tentunya partai akan memberikan masukan terkait wakil yang akan dipilih nanti,” akhirnya.

Sementara itu, bakal calon Wali Kota Ternate, Iswan Hasjim pada sejumlah wartawan usai menerima rekomendasi PAN, mengatakan, dirinya terus intens melakukan komunikasi politik dihampir semua partai politik guna mendaptkan rekomendasi. “Saya akan terus membangun komunikasi politik untuk melengkapi jumlah perolehan  sebagai syarat maju calon Wali Kota Ternate,” singkat Iswan, sembari mengucapkan terima kasih kepada DPP PAN yang memberikan kepercayaan kepadanya. (red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: