poskomalut.com
baner header

Jaringan Seluler Ibu Tak Semanis Janji Bupati Halbar

JAILOLO-PM.com, Pengguna Handphone (HP) alias telepon seluler warga kecamatan Ibu Selatan Kabupaten Halmahera Barat belakangan lumpu total, karena tower mini yang dipasang di wilayah tersebut mengalami rusak parah.

Akibat dari kerusakan tower tersebut maka pengguna HP warga setempat kesulitan mengakses jaringan seluler. Sementara warga yang ingin menggunakan HP terpaksa mencari titik lokasi jaringan di wilayah kecamatan lain.

“Jaringan HP lumpuh total karena Tower mini kecamatan kami rusak dan belum diperbaiki. Maka untuk menelpon harus ke wilayah pusat kecamatan Ibu Tengah.” Kata Jordan S, salah satu warga Tobelos pada wartawan ini di pelabuhan Jailolo, Jum’at, 24 Januari 2020.

Dikatakan Jordan, kawasan Ibu selatan meski belum secara merata akses jaringan seluler, namun di kawasan dekat tower mini itu sebelumnya cukup membantu pengguna HP saat menelpon dan menerima panggilan masuk seluler. Dengan itu, cukup dirasakan lumpuh dalam berkomunikasi sejak adanya kerusakan tower itu berkisar enam bulan lalu.

Menurut dia, akse jaringan wilayah Ibu selatan sebelumnya cukup diperbantu dengan tower mini tersebut meski sekalipun hanya dengan jaringan masih 3G. “Di wilayah Ibu belum ada jaringan forji (4G), tapi dengan tower mini itu tong bisa akses jaringan 3G.”Akunya.

Disinggung tentang WiFi gratis program kementerian melalui BAKTI, diakui telah dipasang oleh Diskominfo Halbar di kantor camat Ibu Selatan. Namun Wi-Fi itu tidak maksimal digunakan karena kekuatan jaringan tidak berbanding dengan masyarakat yang menggunakan.

“Wi-Fi tidak kuat karena tidak bisa kita buka google serta aplikasi media sosial lain jika penggunanya suda berjumlah 10 orang. “Akunya kesal.(lan/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: