Kadinkes Malut Diminta Prioritaskan Rapid Test Untuk Tenaga Medis

Direktur LSM Rorano, Mohammad Asghar Saleh.

TERNATE-PM.com, LSM Rorano Maluku Utara meminta Kadis Kesehatan Maluku Utara Idhar Sidi Umar agar memprioritaskan 20 boks berisi 4.800 Rapid Test Kit, yang dikirim pemerintah pusat, untuk petugas medis, dan orang-orang yang terlibat dalam penangan virus corona atau covid-19 di Maluku Utara.

Peruntukan rapid test, menurut Direktur LSM Rorano Malut Asghar Saleh, dalam releasenya Jumat 27 Maret 2020, sebagai berikut.

1). Penggunaan Rapid Test sebaiknya diprioritaskan untuk puluhan tenaga kesehatan yang berkontak langsung dengan kasus positif 01 selama ybs masuk IGD, hingga dirawat di Ruang Paru RSUD Chasan Boesoerie.

2). Rapid Test sesuai protokol Kemenkes RI dilakukan terhadap 3 kelompok prioritas. 1). PDP dan ODP atau orang yang berkontak langsung dengan kasus positif. 2) petugas kesehatan. 3) para pemangku kepentingan yang bergerak di lapangan seperti tim satgas, jurnalis, TNI Polri, Camat, Lurah, Imam, Pendeta dll.

Rapid Test kata Asghar, bertujuan untuk menekan penyebaran virus agar tak semakin meluas, maka Rapid Test sebaiknya dilakukan di daerah yang sudah memiliki kasus positif seperti Ternate. Distribusi Rapid Test Kit ke Kabupaten/Kota lain sebaiknya dipertimbangkan ulang.

4). Pelaksanaan Rapid Test sebaiknya dipercepat kepada puluhan petugas kesehatan RSUD, yang sudah seminggu ini melakukan karantina atas inisiatif sendiri di rumah. Belum ada pendampingan dan juga dukungan vitamin kepada mereka untuk memperkuat imunitas tubuh.

5). Jika hasil Rapid Test negatif maka akan dilakukan test ulang dalam jangka waktu seminggu. Jika hasilnya positif maka segera lakukan penanganan khusus sesuai protokol CoVid19. (Red)

Komentar

Loading...