poskomalut.com
baner header

Kajati Malut Siap Bubarkan TP4D

TERNATE-PM.com, Kepala Keejaksaan Tinggi (Kajati) Maluku Utara Yudhi Sutoto mengatakan siap melaksanakan perintah pembubaran Tim Pengawal, Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) yang disampaikan Kejagung RI pada 2020 nanti. “Kami disini tidak membuat kebijakan dan jika pusat meminta untuk membubarkan maka siap untuk dilaksanakan,” kata Kajati Malut Yudhi Sutoto, kepada wartawan kemarin (27/11).

Menurutnya, sebagai lembaga hierarki, apapun keputusan pusat tetapi harus ditindaklanjuti. Apalagi kapasitasnya hanya bawahan. “Apapun bentuknya selalu mengikuti apa yang menjadi keputusan pimpinan,” ujarnya. Sebelumnya sesuai pemberitaan Detik.com, bahwa Menko Polhukam Mahfud Md telah bertemu dengan Jaksa Agung ST Burhanuddin. Pertemuan mereka berujung kesepakatan pembubaran program TP4D dan TP4P.

“Kalau satu hal yang agak substansi, tadi ada kesepakatan bahwa TP4P dan TP4D akan segera dibubarkan. TP4 itu artinya tim pengawal dan pengamanan pembangunan dan pemerintahan,” kata Mahfud usai bertemu dengan Burhanuddin di Kejaksaan Agung di Jalan Sultan Hasanuddin Dalam, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (20/11). Mahfud menyebut program ini sudah tidak ada mudaratnya di Kejaksaan Agung. Menurutnya program pendampingan seperti TP4D ini tidak difungsikan sebagaimana mestinya. “Dulu ini (TP4D) dimaksudkan untuk mendampingi para pemerintah daerah membuat program-program agar tidak terlibat dalam korupsi, agar bersih, tetapi kemudian dalam perkembangannya ya ada bagus, tapi ada keluhan kadangkala dijadikan alat oleh oknum-oknum tertentu misalnya untuk ambil keuntungan,” jelas Mahfud. “Ketika kepala daerah ingin membuat program pembantuan, lalu minta semacam persetujuan sehingga seakan-akan sudah bersih, tapi ternyata tidak bersih,” imbuhnya. (nox/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: