poskomalut.com
baner header

Satu Tersangka Pencurian Elektronik di Ternate Dilumpuhkan

TERNATE-PM.com, Satu tersangka kasus pencurian elektronik di wilayah Kota Ternate dengan inisial IS alias Iskandar, akhirnya diringkus tim Reserse Mobile Macan Gamalama Polres Ternate.

Iskandar diringkus pada Selasa (21/7/2020) pukul 12.50 Wit, berlokasi di RT. 08, Kelurahan Sasa, Kecamatan Kota Ternate Selatan, Provinsi Maluku Utara (Malut).

Kapolres Ternate AKBP Aditya Laksimada didampingi Kasat Reskrim AKP Riki Arinanda, Rabu (29/7/2020) dalam siaran pers mengatakan, penangkapan terduga tersangka ini dilakukan sesuai dengan Laporan Polisi Nomor: LP/20/I/2020/Malut/Res Ternate, tertanggal 19 Januari 2020 dan sesuai dengan surat perintah penyidikan nomor: SP.Sidik/93.a/VVI/2020/Sat Reskrim, tertanggal 21 Juli 2020 dengan terlapor Kalla Alang alias Ongen warga Kelurahan Salahudin, Kecamatan Kota Ternate Tengah.

Kapolres juga mengatakan, dalam penangkapan terduga tersangka ini sempat melakukan perlawanan sehingga terpaksa dilumpuhkan petugas.“Dia sempat mau melarikan diri dan akhirnya dilumpuhkan,” ungkapnya.

Kapolres menjelaskan, untuk kronologis kejadian awal terjadi pada 24 Maret 2019 saat terlapor dan salah satu rekannya Acil  menuju kelurahan Salahudin, dan membuka pintu menggunakan besi yang telah dibengkokkan dan dimasukkan ke sela-sela dan setelah gerendel terbuka pelaku langsung masuk dan mengambil 1 TV merek Polytron ukuran 24 inci.

Tidak hanya itu, lanjut Kapolres, terduga pelaku juga mengambil 1 TV LG ukuran 22 inci dan melarikan diri melalui pintu yang dicongkel menggunakan besi payung.

Dari hasil pengembangan lanjut Kapolres, tersangka juga melakukan pencurian di enam TKP yaitu di Kelurahan Tanah Tinggi, Akehuda, Sasa, Jambula serta Mangga Dua. “Dari beberapa TKP itu khsusunya untuk barang bukti yang tidak bertuan, anggota berhasil mengamankan 1 TV, 2 laptop axio, 1 laptop Sonny, 1 Laptop HP, 1 laptop Thosiba serta 1 hanphone merek Oppo.

Saat ini kata Kapolres, terduga masih diamankan di Mapolres Ternate untuk dilakukan pengembangan lanjutan. “Dia dijerat dengan pasal 363 ayat 1 Ke-3 KUHPidana subsider pasal 362 kitab UU Hukum Pidana dengan ancaman tahun penjara,” akunya.

Sementara itu kasat Reskrim polres Ternate, AKP Riki Arinanda menegaskan, dalam kasus ini Iskandar melakukan secara bersama dengan rekannya Acil, tetapi Acil sebelumnya sudah ditangkap dalam kasus pencurian yang berbeda.

“Acil sudah kita tangkap sebelumya, nanti sudah selesai baru yang bersangkutan akan diproses dalam kasus yang ini,” pungkasnya.(sam/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: