Wali Kota Ternate Bisa Kembalikan Posisi Mantan Dirut PAM Ake Gaale

Mantan Direktur Utama Perusahaan Air Minum (PAM) Ake Gaale Kota Ternate, Abubakar Adam. (Istimewa).

TERNATE-pm.com, Abubakar Adam berpeluang kembali menduduki jabatan Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Air Minum (PAM) Ake Gaale.

Diketahui, Abubakar Adam sebelumnya dinonaktifkan dari jabatannya sebagai Dirut oleh Wali Kota Ternate, M Tauhdi Soleman menyusul desakan internal PAM Ake Gaale beberapa waktu lalu. Selain itu, mencuatnya dugaan tindak pidana korupsi di perusahaan daerah itu yang turut menyerat nama Abubakar Adam.

Pakar Hukum Tata Negara, Margarito Kamis disela waktu penyempaian pendapat ahilnya di Inspektorat Ternate, Senin, 4 September 2023 berbicara kepada awak media, bahwa Wali Kota Ternate bisa saja mengembalikan Abubakar Adam ke posisi semula apabila terlepas dari masalah dugaan korupsi di tubuh PAM Ake Gaale.

Margarito lantas menyoal dasar Abubakar Adam dinonaktifkan dari jabatannya sebagai Dirut. Menurutnya, apakah Abubakar pernah diperiksa dewan pengawas berkaitan dengan kisruh internal PAM Ake Gaale atau tidak.

“Kalau sebagai orang hukum ya, apa dasarnya dia (Dirut) dinonaktifkan?. Di Peraturan Dalam Negeri hanya mengenal pemberhentian tetap, pemberhentian sewaktu-waktu, tidak ada istilah lain,” ujarnya.

Menurutnya, wali kota setelah mendapatkan informasi terkait keterangan ahli bahwa mantan Dirut PAM Ake Gaale tidak terindikasi melakukan perbuatan korupsi, maka bisa saja mengembalikan Abubakar Adam ke posisi semula.

"Bisa. Sah kalau dia (wali kota) mengembalikan, kalau besok dia mendapatkan informasih dari sini, atau dia tidak punya kalkulasi politik misalnya, lalu dia mau kembalikan, sah. Semua terpulang pada dia," tukasnya.

Komentar

Loading...