Warga Desa Kawasi Dihantam Banjir, Karyawan PT Harita Ikut Terdampak

Sejumlah karyawan terlihat mencoba evakuasi diri dari ancaman banjir.

LABUHA-pm.com, Warga Masyarakat Desa Kawasi, Kecamatan Obi, Halmahera Selatan, Maluku Utara terdampak banjir pada Jum'at (16/6/2023).

Informasi yang dihimpun jurnalis media ini menyebutkan sejak hujan tinggi disertai angin kencang melanda Halmahera Selatan khususnya wilayah Obi sejak pagi hari.

Akibantnya luapan air dari kali yang berasal dari dataran tinggi yang berdekatan dengan wilayah konsesi Harita Nickel menyebabkan warga di Desa Kawasi terdampak banjir.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Halmahera Selata,  M Ikhwan Iskandar membenarkan insiden banjir tersebut. Ia mengatakan air menjalar hingga ke pemukiman warga Desa Kawasi.

“Informasi sementara begitu (air menjalar ke pemukiman warga). Tapi nanti tim turun melakukan investigasi,” katanya.

Sejauh ini sambung Ikhwan, belum bisa memastikan apakah lokasi banjir bandang itu berdekatan dengan lokasi pertambangan nikel atau tidak.

“Karena kami hubungi Kepala Desa Kawasi juga nomornya tidak aktif. Tapi airnya dari pegunungan,” terangnya.

Atas insiden banjir bandang di Desa Kawasi ini, lanjut Ikhwan, BPBD Halmahera Selatan mengimbau kepada warga agar tetap waspada. Sebab, belakangan ini cuaca kurang baik.

“Waspada itu penting, artinya jangan sampai akibat cuaca kurang baik ini menimbulkan hal-hal yang tidak kita inginkan,” imbuhnya.

Sementara, dari video yang diterima media ini terlihat sejumlah kendaraan milik PT Harita Group beserta para pekerja ikut terendam banjir.

Dari video tersebut sejumlah pekerja saling mengevakuasi diri dari dalam kendaraan yang sudah terendam banjir.

Komentar

Loading...