poskomalut.com
baner header

AGK Pastikan Awal Tahun Kegiatan Proyek Jalan

SOFIFI-PM.com, Gubermur Abdul Gani Kasuba memastikan kegiatan proyek tahun 2020 harus berjalan di awal tahun yakni Februari. Penegasan ini disampaikan orang nomor satu di Pemprov Malut AGK setelah  mendapat arahan langsung dari presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam rakor pengadaan barang dan jasa nasional.

AGK mengatakan kegiatan pengadaan barang dan jasa harus dilakukan secara transparan, dan melalui sistem LSPE. Untuk itu, dia menghimbau kepada pokja agar bekerja secara profesional. ”Saya minta pada Pokja agar bekerja secara profesional, jika tidak saya ganti,” ujarnya.

Menurutnya, proses kegiatan tahun 2020 paling lambat bulan Februari sudah selesai dintenderkan, dengan harapan agar kegiatan strategis dapat berjalan dengan baik. ”Saya minta, bulan Februari itu kegiatan sudah selesai tender sehingga awal Maret proyek sudah jalan,” jelasnya.

Sebelumnya, Kepala Biro Pengadan Barang dan Jasa Setda Provinsi Maluku Utara Saifuddin Djuba mengaku terkait dengan percepatan kegiatan tender, sudah ada surat edaran LKPP terkait percepatan pelaksanaan kegiatan pengadaan barang dan saja. ”Surat edaran itu, bahwa di akhir tahun, instansi terkait sudah dapat menyampaikan rencana umum pengadaan (RUP)  sudah bisa disampaikan, sehingga pihaknya sudah dapat memproses,” ujarnya.

Karena dalam edaran LKPP itu, kegiatan pengadaan barang dan jasa sudah bisa dilakukan setelah pagu anggaran pendapatan belanja daerah sudah disetujui oleh dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD). “Ketika kebijakan anggaran sudah disetujui oleh DPRD, maka SKPD sudah dapat mengumumkan RUP, namun belum bisa dilakukan ikatan, jangan sampai pada saat pembahasan ada berubah,” ujarnya. Menurutnya, atas surat edaran tersebut Pemprov akan memberlakukan dan rencana di akhir tahun 2019 atau desember itu pengguna anggaran sudah dapat sampaikan rencana umum pengadaan, sehingga di awal tahun itu kegiatan sudah jalan. ”Akhir November ini, APBD 2020 sudah disahkan. Untuk itu, Desember nanti SKPD sudah bisa sampaikan RUP-nya, terutama program strategis, dengan harapan di awal tahun program kegiatan sudah jalan,” harapnya. (iel/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: