poskomalut.com
baner header

APBD Pemprov Malut 2020 Terget Rampung Akhir November

SOFIFI-PM.com, Pemerintah Provinsi Maluku Utara menargetkan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) 2020 rampung dan disahkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Malut pada 30 November 2019 mendatang. Saat ini Pemprov sudah menyiapkan draf RAPBD 2020.

Kepala Bappeda Provinsi Malut, Samsudin A Kadir mengatakan draf RAPBD 2020 belum dibahas bersama DPRD karena saat pimpinam DPRD Malut baru dilantik sehingga pasca pelantikn ketua DPRD defenitif langsung action pembahasan. ”Saat ini pimpinan deprov belum dilantik jadi belum pembahasan. Mudah mudahan dalam waktu dekat sudah dilantik sehingga draf RAPBD 2020 langsung kami sampaikan untuk dibahas, namun kami terget akhir November sudah disahkan APBD 2020,”ujarnya.

Menurutnya, RAPBD 2020 ini perlu penyesuaian antara belanja dan pendapatan karena ada perubahan peraturan kementerian keuangan (PMK), sehingga berpengaruh pada PAD. Dimana dana bagi hasil (DBH) ditergetkan 100 miliar lebih, namun turun atau kurang sekitar 38 miliar lebih atau tidak mencapai target. Begitu juga dana alokasi khusus kurang Rp 45 miliar dari yang ditergetkan. Begitu juga dana alokasi umum (DAU) kurang Rp 28 miliar lebih dari target yang ditetapkan. ”Ada perubahan PMK namun PMK itu belum diberlakukan namun berpengaruh pada PAD. Misalnya DBH tergetkan Rp 100 miliar namun tidak sampai itu jadi bukan menurun tapi tergetnnya terlalu tinggi,”ujarnya.

Turunnya terget PAD ini akan berpengaruh pada belanja namun pengaruhnya tidak signifikam. Pasalnya, APBD 2020 kemarin diusulkan surplus sehingga saat ini mencari simulasi untuk menutupi kekurangan tadi. ”Tidak begitu berpengaruh pada belanja nanti karena APBD kita diusulkan surplus. Selain itu ada pinjaman pada pihak ketiga,”ungkapnya.

Ia menambahkan setelah pimpinan deprov dilantik draf RAPBD 2020 langsung disampaikan sehingga dibahas bersama agar APBD 2020 tidak molor lagi.”Saya optimis APBD 2020 disahkan tepat waktu dan tidak molor lagi,”ungkapnya. (iel/red)

Artikel ini sudah diterbitkan di SKH Posko Malut, edisi Rabu, 23 Oktober 2019, dengan judul ’ APBD 2020 Terget Rampung Akhir November’

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: